sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pascabanjir, RSCM pastikan takada alat kesehatan yang rusak

Lies Dina menyatakan, pihaknya terus berupaya yang terbaik untuk pasien.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 24 Feb 2020 17:14 WIB
Pascabanjir, RSCM pastikan takada alat kesehatan yang rusak
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Lies Dina Liastuti, memastikan, alat kesehatan (alkes) di Ruang Radiologi dan Radioterapi yang kebanjiran dapat segera dioperasikan. Namun, butuh perawatan dan pengeringan lebih panjang untuk mesin Tomoterapi.

"(Alkes) enggak rusak, kok. Hanya menunggu biar kering saja," katanya di RSCM, Jakarta, Senin (24/2). Ruang Radiologi dan Radioterapi RSCM tergenang imbas hujan lebat di Jakarta, Minggu (23/2). Beberapa alat pun terendam bah.

Peralatan Tomoterapi butuh waktu perbaikan selama sepekan. Sebelum dioperasikan kembali. "Kita tidak memikirkan masalah kerugian. Tapi, bagaimana pelayanan terus berjalan," ucapnya.

Jika nantinya ada alat yang rusak, Dina mengaku, pihaknya tak cemas. Lantaran diasuransikan dan memiliki cadangan (back up). Vendor pun bisa langsung turun tangan menyervis.

Sponsored

Berbagai peralatan yang terendam itu digunakan untuk terapi kanker terapi. Sehingga, pasien mesti selalu menjalani perawatan. 

"Sehingga, terus kita pikirkan. Bagaimana pun caranya, mengalihkan supaya tidak berhenti. Misalnya, pakai mesin yang lain atau kita ke luar," ujar Dian.

"Pasien di sini enggak boleh susah. Enggak boleh rugi. Gara-gara ada masalah yang enggak kita sangka. Kita tetap akan melakukan hal terbaik," tuturnya.

Berita Lainnya