sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pasien rawat inap RSD Wisma Atlet berkurang 5 orang

Jumlah pasien yang dirawat di RSD Wisma Atlet hari ini berjumlah 522 orang.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Kamis, 09 Apr 2020 12:24 WIB
Pasien rawat inap RSD Wisma Atlet berkurang 5 orang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 28233
Dirawat 18129
Meninggal 1698
Sembuh 8406

Jumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara, hari ini, mengalami penurunan. Pada Rabu (8/4), jumlah pasien yang dirawat berjumlah 527 orang.

"Perkembangan jumlah pasien rawat inap RSD Wisma Atlet sampai dengan 9 April pukul 08.00 WIB, pasien rawat inap 522 orang," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono kepada awak media, Jakarta, Kamis (9/4).

Dia menjelaskan, jumlah tersebut terdiri dari 334 laki-laki dan 188 pasien perempuan. Namun dari jumlah tersebut, tidak seluruh pasien terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan data yang diterimanya, jumlah pasien positif SARS-CoV-2 ada 334 orang. Sisanya merupakan pasien dalam pengawasan atau PDP berjumlah 138 orang, dan 50 pasien orang dalam pemantauan atau ODP.

"Pasien yang dirawat inap berkurang 5 orang, pasien Covid-19 bertambah 16 orang, pasien PDP berkurang 12 orang dan pasien ODP berkurang 9 orang," kata Yudo.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pemerintah mempersiapkan tambahan tiga tower Wisma Atlet untuk penanganan pasien Covid-19. 

"Kementerian PUPR akan kembali mempersiapkan dan merenovasi tiga tower tambahan, yakni Tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19," kata Khalawi.

Khalawi menjelaskan, pembangunan RS Darurat Covid-19 tahap dua dilakukan guna menambah daya tampung pasien. Selain itu, pembangunan juga ditujukan untuk menyediakan hunian yang layak bagi tim paramedis seperti para dokter dan perawat.

Sponsored

Selama ini, sudah ada empat tower Wisma Atlet yang digunakan untuk penanganan coronavirus, yaitu tower 1, 3, 6, dan 7. Tower-tower tersebut digunakan untuk keperluan berbeda.

Tower 1 digunakan untuk keperluan tenaga medis, tower 3 untuk Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, tower 6 untuk ruang rawat inap pasien, sedangkan tower 7 untuk ruang IGD, ICU, dan ruang refreshing. 

Berita Lainnya