sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PDIP bela Jokowi soal kerumunan di Maumere NTT

Terjadi kerumunan saat Presiden Jokowi mengunjungi Maumere, NTT, pada Selasa (23/2).

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 24 Feb 2021 19:22 WIB
PDIP bela Jokowi soal kerumunan di Maumere NTT
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Anggota Komisi IX DPR, Muchamad Nabil Haroen, merasa tidak ada ajakan kerumunan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (23/2). Karena itu, pelanggaran protokol kesehatan (prokes) itu diklaim tak disengaja terjadi.

"Bahwa tidak ada usaha atau provokasi untuk membentuk kerumunan, tidak ada informasi yang mengajak warga membentuk kerumunan. Jadi, memang bukan dengan sengaja melanggar protokol kesehatan," katanya kepada wartawan, Rabu (24/2).

Di samping itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga merasa Presiden Jokowi telah menyampaikan kepada warga Maumere untuk mengenakan masker dan menaati prokes.

"Terjadi kerumunan secara spontan itu tidak bisa terhindarkan. Itu berlangsung sangat cepat. Petugas langsung menertibkan kerumunan," terang dia.

Kendati demikian, Nabil menilai, perlu adanya antisipasi khusus dari tim pasukan pengamanan presiden (paspampres) agar tidak menimbulkan kerumunan warga saat Jokowi melakukan kunjungan kerja.

"Untuk ke depan, saya kira perlu diantisipasi tim presiden, misalnya dengan kendaraan patroli bahwa warga sebaiknya menjaga jarak, mematuhi protokol kesehatan," tandasnya.

Terjadi kerumunan saat Jokowi mengunjungi Maumere, Selasa siang. Peristiwa tersebut terjadi karena warga ingin melihat mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bahkan paspampres yang mencoba menertibkan dibuat kewalahan.

Alhasil, Jokowi menyapa masyarakat melalui atap mobil yang dikendarai sembari melambaikan tangan dan memberikan suvenir. Merespons kerumunan ini, Istana berkilah, kerumunan bersifat spontan.

Sponsored
Berita Lainnya