logo alinea.id logo alinea.id

PDIP kembali tunjuk Prasetio Edi jadi Ketua DPRD DKI

Prasetio Edi ditunjuk langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Rabu, 02 Okt 2019 13:41 WIB
PDIP kembali tunjuk Prasetio Edi jadi Ketua DPRD DKI

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kembali menunjuk Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Menurut Sekjen Dewan Pimpinan Daerah PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono, Prasetio ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Keputusan tersebut tercantum dalam surat nomor 737/IN/DPP/X/2019 perihal Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD DKI Jakarta.

"Surat tersebut diteken oleh Megawati dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada Selasa (1/10)," ujar Gembong saat dihubungi, Rabu (2/10).

Gembong mengatakan, dirinya telah menandatangani surat pengantar terhadap surat penetapan tersebut. Hari ini, surat tersebut dikirimkan ke Sekretariat Dewan (Setwan).

Gembong menolak menyebut alasan yang menjadi pertimbangan atas keputusan tersebut. Sebagai pengurus DPD PDIP DKI, ia mengaku tak memiliki kewenangan untuk terlibat dalam persoalan itu.

"DPP lah kalau pertimbangan itu, karena kewenangan mereka. Di suratnya juga ada pertimbangannya. Surat ini akan diumumkan di paripurna mengenai calon ketua DPRD DKI dari Fraksi PDIP," katanya menjelaskan.

Penetapan Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta, menyingkirkan dua calon lainnya, yaitu Gembong Warsono dan mantan Ketua Komisi A Ida Mahmudah.

Gembong mengaku tak mempersoalkan dirinya tak terpilih menjadi pimpinan DPRD DKI. Apalagi dirinya akan kembali menjabat sebagai ketua Fraksi PDI DPRD DKI untuk lima tahun ke depan.

Sponsored

"Enggak apa-apa, itu kan penugasan. DPP Sudah memutuskan, jadi semua kader harus tunduk pada putusan DPP. Itu sudah prinsip partai seperti itu," kata dia.

Sebagai informasi, rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD DKI Jakarta akan diselenggarakan paling lambat pada Kamis (3/10). Setelah ditetapkan dalam rapat paripurna, nama-nama pimpinan DPRD DKI Jakarta akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).