sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PDIP sebut DKI lebih layak terapkan minilockdown daripada PSBB

Kebijakan itu dianggap akan memberikan dua keuntungan.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 29 Sep 2020 18:52 WIB
PDIP sebut DKI lebih layak terapkan <i>minilockdown</i> daripada PSBB
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Minikarantina wilayah (minilockdown) atau pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) layak diterapkan di Ibu Kota untuk mengendalikan pandemi coronavirus baru (Covid-19) dibandingkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lantaran sesuai dengan karakteristiknya.

"Jakarta, ya, saya kira akan lebih cocok diterapkan lockdown mini," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, Selasa (29/9).

Menurutnya, Jakarta akan mendapatkan dua keuntungan saat menerapkan minilockdown. Pertama, lebih efektif lantaran berbasis lokal. Lebih efektif saat pelaksanaannya merangkul masyarakat setempat.

"Ketika ada keterlibatan masyarakat, itu lebih efektif daripada kebijakan pemprov (pemerintah provinsi) yang tidak melibatkan masyarakat," jelasnya.

Sponsored

Kedua, bakal mengeliatkan perekonomian dengan stabil lantaran bersifat domestik berdasarkan klaster.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memerintahkan kepala daerah untuk menerapkan minilockdown dalam mencegah penyebaran Covid-19. Kilahnya, lebih efektif diterapkan karena dilaksanakan di lingkungan tertentu, seperti Rukun Tetangga/Warga (RT/RW), kantor, atau pondok pesantren.

Berita Lainnya