sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelabuhan Merak padat, polisi pindahkan angkutan logistik ke dermaga Indah Kiat

Hingga siang tadi, wilayah itu masih mengalami kepadatan, khususnya di arah menuju Merak.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 29 Apr 2022 22:28 WIB
Pelabuhan Merak padat, polisi pindahkan angkutan logistik ke dermaga Indah Kiat

Polri melihat kondisi terkini arus lalu lintas mudik Lebaran dari arah Jakarta menuju Merak, maupun sebaliknya. Hingga siang tadi, wilayah itu masih mengalami kepadatan, khususnya di arah menuju Merak.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya bersama jajaran lain telah melakukan sejumlah strategi kebijakan lalu lintas untuk mengurai kepadatan. Di antaranya adalah, memindahkan angkutan logistik ke Dermaga Indah Kiat. 

“Sehingga kemudian kepadatan yang ada di Merak khususnya dari dermaga 1 sampai 7 yang sudah dipadati masyarakat segera bisa cair. Pengaturan rekayasa waktu termasuk juga pembagian dermaga-dermaga tersebut. Ini tadi kita dapatkan informasi saat ini antrean sudah berkurang menjadi kurang lebih 3 kilometer,"  kata Sigit saat meninjau langsung situasi terkini arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Jawa Barat, Jumat (29/4).

Sigit menyampaikan, penerapannya dilakukan dengan mempercepat waktu bongkar muat yang selama ini diterapkan. Durasi bongkar muat yang biasanya dilakukan selama 60 menit atau satu jam akan dipercepat menjadi 45 menit.

Penerapannya dilakukan pada dua dermaga yang akan melakukan pengangkutan penumpang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Harapannya, penumpukan tersebut tidak terjadi kembali dan arus para pemudik bisa lancar.

"Kemudian pengaturan terkait masalah waktu bongkar muat yang tadinya 1 jam dipercepat menjadi 45 menit. Khusus dua dermaga hanya mengangkut penumpang ke Bakauheni, di Bakauheninya tidak memuat dan segera kembali ke wilayah Merak. 

Puncak arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan yang diprediksi terjadi pada Jumat (29/4). Telah menunjukkan beberapa dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni terlihat disesaki pemudik baik pejalan kaki, atau pun pengguna kendaraan roda dua dan roda empat mulai Jumat dini hari tadi hingga pagi ini.

Sekitar pukul 06.20 WIB, ribuan pemudik yang menggunakan sepeda motor terpantau masih terus berdatangan. Kepadatan pun terlihat menuju pintu keluar Pelabuhan sampai ke jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Sponsored

Ribuan pemudik yang baru saja tiba di Pelabuhan Bakauheni ini datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Serang, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta beberapa kota lainnya.

Kepadatan pemudik bahkan terasa saat menuju pintu keluar (exit) di dermaga Pelabuhan Bakauheni yang dipenuhi ribuan kendaraan pribadi.

Tidak hanya yang menggunakan kendaraan roda empat, pemudik dengan sepeda motor pun penuh hingga menyebabkan kemacetan.

Hal ini terjadi lantaran adanya penumpukan kendaraan yang juga hendak masuk ke kapal menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Cara cek spesifikasi smartphone Android

Minggu, 14 Agst 2022 10:03 WIB
×
tekid