sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelanggar PSBB di Bogor dihukum baca Al-Quran

Hukuman bagi warga muslim ini untuk menumbuhkan kedisiplinan warga dalam mencegah penularan Covid-19.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 29 Apr 2020 22:20 WIB
Pelanggar PSBB di Bogor dihukum baca Al-Quran

Personel Polres Bogor menghukum warga yang melanggar penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB dengan membaca ayat-ayat Al-Quran. 

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas Polsek Sukaraja Polres Bogor, Aiptu M Khaeroni yang menerapkan hukuman ini, mengatakan hukuman yang ditujukan bagi warga muslim ini untuk menumbuhkan kedisiplinan warga dalam mencegah penularan Covid-19.

"Dengan membaca ayat tersebut saya berharap kepada warga yang beragama muslim tidak lagi melanggar aturan pemerintah yang sudah dibuat khususnya PSBB ini," kata Khaeroni, Rabu (29/4).

Adapun ayat Al-Quran yang dibaca oleh para pelanggar PSBB di antaranya adalah Surat An-Nisa ayat 59. Ayat tersebut berisi perintah untuk menaati Allah dan rasul-Nya, serta pemimpin atau pemerintah. 

Kapolsek Sukaraja Kompol Ari Trisnawati mendukung langkah inovatif Aiptu M Khaeroni. Menurutnya, langkah yang dilakukan personelnya yang merangkap sebagai guru ngaji itu, cocok diterapkan di masa PSBB yang bertepatan dengan bulan Ramadan.

"Aiptu M Khaeroni merupakan anggota Polsek Sukaraja yang sudah mengabdi sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cimandala selama lima tahun, dan sudah mengajar ngaji anak-anak warga setempat sejak tahun 1998," kata Ari.

Penerapan PSBB di Kabupaten Bogor melibatkan 1.020 personel gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk memastikan masyarakat mematuhi aturan kebijakan tersebut. Warga diminta untuk berdiam diri di rumah, dan menggunakan masker serta sarung tangan jika keluar rumah dengan mengendarai sepeda motor. 

Selain itu, pengendara sepeda motor juga dilarang berboncengan dengan orang yang tidak tinggal bersama. Bagi pengendara kendaraan roda empat, diminta untuk tidak membawa penumpang melebihi 50% kapasitas kendaraan.

Sponsored

"Gabungan dari Polres Bogor, Kodim 0621/Kabupaten Bogor, dan Pemkab Bogor, itu total 1.020 orang," kata Kapolres Bogor, AKBP Roland Ronaldy.

Menurutnya, setiap personel disebar ke 55 titik pengawasan PSBB di berbagai sudut jalan raya Kabupaten Bogor selama 24 jam. Mereka dibagi menjadi tiga sif, dengan masing-masing sif diisi oleh empat orang personel.  (Ant)

Berita Lainnya