sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, car free day ditiadakan

Peniadaan CFD ini juga untuk memberikan ruang bagi publik yang akan menghadiri dan menyaksikan agenda pelantikan.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 17 Okt 2019 19:20 WIB
Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, car free day ditiadakan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hal ini dilakukan karena adanya agenda pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

"CFD hari Minggu ditiadakan. Alasannya tentu, pertama, kita menghormati proses pelantikan kepala dan wakil negara," ujar Syafrin saat dihubungi, Kamis (17/10).

Selain itu, peniadaan CFD ini juga untuk memberikan ruang bagi publik yang akan menghadiri dan menyaksikan agenda pelantikan tersebut. 

Sebagai informasi, CFD pertama kali digelar pada 23 Mei 2002. Dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Terdapat enam titik ruas jalan di Jakarta yang digunakan untuk CFD.

Sponsored

Sekitar kompleks gedung MPR/DPR RI juga sudah diperketat jelang pelantikan tersebut. Sejumlah ruas jalan yang mengarah ke DPR juga telah dilakukan pemblokiran. Sementara lalu lintas, dialihkan ke jalur-jalur alternatif.

Selain menutup ruas jalan, pemeriksaan ketat juga dilakukan pengawal dalam DPR, terhadap setiap tamu yang masuk.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sebanyak 30.000 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk melakukan pengamanan di Jakarta. Puluhan ribu pasukan tersebut akan mulai melakukan pengamanan pada hari ini.