sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelesir ke Jepang, Prabowo bahas isu keamanan regional

Pertemuan tersebut juga membahas kerja sama pertahanan serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 29 Mar 2021 16:37 WIB
Pelesir ke Jepang, Prabowo bahas isu keamanan regional

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto bertemu tatap muka dengan Menteri Pertahanan Jepang, HE Nobuo Kishi, di Tokyo, Jepang, pada Minggu (28/3). Keduanya membahas isu keamanan regional dan kerja sama pertahanan juga memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Menurut Prabowo, sebaiknya mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara. Pun perlu menegakkan supremasi hukum dalam penanganan setiap sengketa.

"(Indonesia) mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara serta menegakkan supremasi hukum dalam menangani setiap sengketa," ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/3).

Prabowo dan Nobuo Kishi mencapai kesekatan dalam pertemuan tersebut, yakni mengadakan dialog militer-ke-militer (military to military), melanjutkan konsultasi alutsista dan teknologi, meningkatkan kerja sama layanan-ke-layanan (service to service), serta menyambut baik pertemuan 2+2 pada besok (Selasa, 30/3) untuk pertama kalinya dalam 5 tahun terakhir.

Sponsored

Mengenai peningkatan kerja sama pertahanan, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, akan merealisasikan kunjungan ke Jepang, menyelenggarakan latihan bersama bilateral, serta mendukung kerja sama dan partisipasi Japan Self-Defense Forces (JSDF) dalam latihan multilateral "Komodo". Selain itu, mempromosikan kerja sama di bidang high availability and disaster recovery, termasuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo dan Nobuo Kishi juga sempat menyinggung situasi di Myanmar. Keduanya menyatakan prihatin atas keadaan yang terjadi dan berniat membahasnya lebih mendalam.

Berita Lainnya