sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemasangan kamera ETLE akan diperluas

Kamera ETLE dan body camp akan ditambah pada 2020.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 05 Des 2019 12:16 WIB
Pemasangan kamera ETLE akan diperluas

Polda Metro Jaya akan menambah sejumlah fitur pengawas pelanggaran lalu lintas (lalin) di jalan tol dan nontol seluruh Jakarta, termasuk ruas busway.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy mengatakan akan ada penambahan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) hingga akhir tahun ini dan pada tahun depan. Di tahun ini, jumlah kamera ETLE akan ditambah kembali dari sebelumnya hanya 10 titik.

ETLE di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya adalah implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

“Tahun ini dikembangkan akan ditambah lagi 45 ETLE yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang telah dikoordinasikan Ditlantas (Direktorat Lalu Lintas) dan Kadishub (Kepala Dinas Perhubungan),” ujar Gatot dalam acara peluncuran ETLE di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Menurut Gatot, di 2020 juga akan ada penambahan puluhan kamera ETLE. Kamera tersebut juga akan dipasang di jalur Transjakarta untuk dapat merekam pengendara motor dan mobil yang memasuki jalur tersebut.

“Pada 2020 juga akan ditambah 48 ETLE di wilayah Jakarta,” ucapnya.

Selain penambahan kamera ETLE akan ada penambahan body camp untuk setiap anggota polisi lalu lintas. Penambahan tersebut, menurut Gatot, agar kerja anggotanya semakin terpantau dan tidak melakukan pelanggaran etik saat menindak pengemudi.

“Kami juga akan menambah body camp yang baru beroperasi 12 unit, ditambah 100 unit lagi,” katanya.

Sponsored

Acara peluncuran ETLE pagi ini dihadiri oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berita Lainnya