sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemberlakuan ganjil genap ditiadakan sampai situasi kondusif

Kebijakan ganjil genap ditiadakan di 25 titik yang tersebar di Ibu Kota dan beberapa ruas tol.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 24 Sep 2019 18:57 WIB
Pemberlakuan ganjil genap ditiadakan sampai situasi kondusif

Pemberlakuan kebijakan ganjil genap ditiadakan pada Selasa (24/9) sore akibat adanya aksi massa di depan Gedung DPR/MPR RI. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan keputusan tersebut sesuai asas diskresi kepolisian.

Syafrin menyebut kebijakan ganjil genap ditiadakan di 25 titik yang tersebar di Ibu Kota dan beberapa ruas tol yang menerapkan sistem ganjil genap. 

"Ya untuk hari ini, kebijakan ganjil genap itu ditiadakan sesuai asas diskresi kepolisian di seluruh titik ganjil genap. Kepolisian berkonsentrasi kepada penanganan pengamanan demo hari ini," kata Syafrin saat dihubungi di Jakarta pada Selasa (24/9).

Dia mengatakan, peniadaan kebijakan ganjil genap ini dilakukan sejak pulul 16.00 WIB dan akan dilakulan hingga kondisi dan situasi kondusif. Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga telah menurunkan sekitar 150 personel untuk mengamankan sebagian titik di Jakarta. Adapun titik yang dibantu penjagaannya oleh Dishub yakni di sekitar GBK, Sudirman-Thamrin, dan Istiqlal.

“Kita sudah menurunkan personel di beberapa titik dalam rangka membantu pengaturan lalu lintas," ucap dia.

Mengutip akun resmi twitter milik TMC Polda Metro Jaya, bahwa ganjil genap ditiadakan. "Untuk pembatasan kendaraan bermotor dengan cara ganjil genap pada sore hari ini, Selasa 24 September 2019, seluruh ruas jalur Ganjil genap ditiadakan," tulis twit tersebut.

Di sisi lain, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, mangatakan hingga pukul 16.00 WIB ada tiga rute yang menyetop pelayanan Transjakarta.

Ketiga rute tersebut yakni Rute 3F arah Gelora Bung Karno - Kalideres, Rute 1B Stasiun Palmerah - Tosari, dan Rute 1F Stasiun Palmerah - Bundaran Senayan. Selain itu, pengalihan rute juga bertambah di sejumlah titik. 

Sponsored

Adapun rute 4A yakni TUGas-Grogol, halte yang tidak terlayani antara lain Tosari, Dukuh atas 1, Karet Sudirman, Senayan JCC, Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, dan RS Harapan Kita.