sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah akan mulai program vaksinasi Covid-19 hari ini

Presiden Jokowi dijadwalkan menjadi orang pertama yang disuntik.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 13 Jan 2021 08:36 WIB
Pemerintah akan mulai program vaksinasi Covid-19 hari ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Pemerintah akan memulai program vaksinasi Covid-19 pada hari ini (Rabu 13/1). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi orang pertama yang disuntik.

"Insyaallah, Bapak-Ibu kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” ujar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Presiden, Jakarta.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) untuk CoronaVac, satu-satunya vaksin yang telah diamankan pemerintah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa halal.

Budi menambahkan, program vaksinasi menjadi salah satu strategi utama untuk menyelesaikan pandemi. Diperkirakan butuh waktu lebih dari 12 bulan pelaksanaannya.

Sponsored

EKs Wakil Menteri BUMN itu pun berharap partisipasi dan dukungan publik. "Karena tidak mungkin pemerintah bisa melakukan ini sendiri."

Setiap sasaran vaksinasi akan menerima dua dosis. Pelaksanaannya bakal dilakukan bertahap dengan prioritas pertama para tenaga kesehatan (nakes), lalu petugas pelayanan publik, kelompok lansia, masyarakat rentan, dan kelompok lain berdasarkan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.

Meski demikian, masyarakat tetap diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pandemi belum berakhir. "Mencui tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tutupnya, mengutip situs web Sekretariat Kabinet.

Berita Lainnya