sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah berangkatkan rombongan haji reguler hari ini sebanyak 615 orang

Jemaah haji khusus berjumlah 4.815 juga telah sampai di tanah suci.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Minggu, 03 Jul 2022 13:58 WIB
Pemerintah berangkatkan rombongan haji reguler hari ini sebanyak 615 orang

Memasuki hari ke 30 operasional ibadah haji tahun 1443 Hijriah / 2022 sebanyak dua kelompok jemaah haji reguler Indonesia akan diberangkatkan hari ini. Kelompok ini berasal dari dua embarkasi, yaitu asal Jakarta (JKS) dan Solo (SOC).

"Dua kelompok jemaah haji reguler ini adalah rombongan keberangkatan terakhir dari 13 embarkasi di seluruh tanah air, dengan jumlah 615 jemaah haji," jelas Kementerian Agama RI (Kemenag) melalui Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi, dalam jumpa pers yang disiarkan langsung di Youtube Kementerian Agama, Minggu (3/7).

Rincian dari jemaah haji reguler yang akan diberangkatkan hari ini, Wawan menyampaikan untuk JKS ada satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 255 orang. Sedangkan SOC ada satu kelompok terbang dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 360 orang. Meski jemaah haji reguler telah seluruhnya diberangkatkan, untuk jemaah haji khusus masih ada kelompok yang akan menyusul diterbangkan.

Berdasarkan laporan harian Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) embarkasi dan Arab Saudi, Wawan juga mengatakan data terbaru mencatat hari ini sebanyak 3.388 jemaah haji reguler tiba di Arab Saudi. Sedangkan jemaah haji khusus berjumlah 4.815 juga telah sampai di tanah suci. Dengan demikian, total jemaah yang telah diberangkatkan dari Indonesia untuk ibadah haji tahun ini sebanyak 91.106 jemaah.

Selanjutnya, Wawan menuturkan sebanyak 122 jemaah haji tercatat sakit di tanah suci, dan 104 jemaah saat ini sedang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, serta 18 jemaah dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Sebanyak 20 jemaah haji indonesia, telah wafat di tanah suci.

"Pada hari ini, ada jamaah haji yang wafat bertambah satu orang, yaitu Qiroatul Khoiroh Bazari, jemaah perempuan berusia 60 tahun dengan paspor C6591479 kloter SUD 37 asal embarkasi Surabaya," ujar Wawan.

Wawan juga mengimbau jemaah haji untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, mengingat cuaca di Mekah rata-rata saat ini suhu tertinggi mencapai 40 derajat celsius.

"Usahakan jemaah jangan menunggu haus untuk minum, tidak memaksakan diri untuk selalu solat di Masjidil Haram, dan selalu memakai masker terutama di area Masjidil Haram," imbuhnya.

Sponsored

Bersamaan dengan keberangkatan terakhir jemaah haji reguler Indonesia, pemerintah juga menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pihak sehingga keberangkatan jemaah dari seluruh embarkasi dapat berjalan lancar.

"Jemaah juga diimbau untuk tetap jaga kesehatan menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. Prioritaskan nilai-nilai ibadah dan selalu komunikasi dengan pembimbing ibadah agar rangkaian ibadah haji terlaksana dengan baik dan benar," tutup Wawan di akhir laporannya. 

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid