logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah kaji wacana sepeda motor masuk tol

Wacana motor masuk tol akan dikaji hati-hati, karena menyangkut keselamatan pengguna.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Selasa, 29 Jan 2019 20:17 WIB
Pemerintah kaji wacana sepeda motor masuk tol

Pemerintah akan melakukan kajian atas kemungkinan sepeda motor melaju di jalan tol. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada sejumlah hal yang dipertimbangkan pemerintah sebelum memutuskan untuk melakukan kebijakan ini.

"Tentang wacana motor masuk tol memang kita harus berhati-hati. Satu, kita harus melihat undang-undangnya," kata Budi Karya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/1).

Dia melanjutkan, hal lain yang akan menjadi pertimbangan adalah penerapan kebijakan serupa di negara-negara lain. Menurutnya, pemerintah akan berhati-hati mengambil kebijakan ini.

"Kalau menurut saya belum urgent, karena kita harus menimbang antara kebaikan dan masalahnya sendiri," ujar Budi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan secara infrastruktur, jalan tol yang ada saat ini sudah dapat digunakan untuk sepeda motor.

Menurutnya, jalan tol harus memiliki tempat istirahat yang memadai untuk digunakan para pengendara sepeda motor. Namun, kata dia, penggunaan jalan tol bagi sepeda motor tidak untuk jarak yang jauh.

Menurutnya, saat ini juga telah ada jalan tol yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Dia menyebut Jalan Tol Mandara, Bali, dan jembatan Suramadu yang menghubungkan Jawa Timur dengan Pulau Madura, sebagai contoh jalan tol yang telah mengakomodasi lalu lintas sepeda motor.

Namun terkait wacana motor roda dua masuk jalan tol, Basuki mengatakan akan mengikuti kebijakan dari Kementerian Perhubungan maupun Korlantas Polri. (Ant)

Sponsored