sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah klaim sudah salurkan masker dan APD ke daerah

Kata Achmad Yurianto, masker dan APD diberikan ke RS pemerintah, swasta, dan faskes lain yang berpotensi terpapar coronavirus (Covid-19).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 04 Apr 2020 16:55 WIB
Pemerintah klaim sudah salurkan masker dan APD ke daerah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26940
Dirawat 17552
Meninggal 1641
Sembuh 7637

Pemerintah mengklaim, telah mendistribusikan masker dan alat pelindung diri (APD) ke sejumlah daerah. Alat-alat kesehatan (alkes) tersebut akan digunakan tenaga medis penangan pasien coronavirus baru (Covid-19).

"Kami telah melakukan pendorongan logistik berupa APD dan masker dari Jakarta ke daerah," kata Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Batam, Tanjung Pinang, Medan, dan Banda Aceh, beberapa daerah tujuan pengiriman alkes. Juga dikirim ke Balikpapan, Tarakan, Gorontalo, Manado, Palu. Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

APD yang didistribusikan sekitar 5.000-7.000 lembar. Sementara jumlah masker yang didistribusikan mencapai 20.000-150.000 masker.

Sponsored

"Ini adalah bukti kalau pemerintah berkepentingan dan sangat memperhatikan kebutuhan layanan di daerah, yang dilaksanakan tenaga kesehatan," tutur Yuri, sapaannya.

Dirinya melanjutkan, distribusi alkes tak sekadar menyasar rumah sakit (RS) pemerintah. Namun, RS swasta dan fasilitas kesehatan (faskes) lain yang berisiko terpapar Covid-19. "Ini yang akan kita laksanakan terus."

Pemerintah, ungkap Yuri, juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang berdonasi alkes. "Baik yang diserahkan langsung ke masyarakat maupun kepada pemerintah daerah atau ke gugus tugas tingkat nasional," tutup dia.

Berita Lainnya