sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPR minta pemerintah matangkan kebijakan pembatasan mobilitas saat lebaran

Kebijakan itu dinilai timpang sebelah, antara melarang mudik, tetapi tidak melarang berwisata.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Jumat, 09 Apr 2021 08:16 WIB
DPR minta pemerintah matangkan kebijakan pembatasan mobilitas saat lebaran
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah diminta mematangkan kebijakan pembatasan mobilitas warga saat musim Lebaran 2021 guna menekan laju penularan Covid-19. Kebijakan itu dinilai timpang sebelah, antara melarang mudik, tetapi tidak melarang berwisata.

"Tidak boleh ada lagi kebijakan yang membingungkan masyarakat. Siapkan mekanismenya, sumber daya manusianya, supaya penerapan dan pengawasan di lapangan konsisten. Jangan sampai masyarakat yang sudah berkorban tidak mudik, sudah mengikuti aturan, justru kecewa karena orang lain melanggar, tetapi tidak ditindak karena belum ada payung hukumnya," kata Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam keterangannya, Jumat (9/4).

Pemerintah diminta dapat konsisten terhadap kebijakan yang diambil terkait pengendalian mobilitas warga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dia merasa, kebijakan serta imbauan pemerintah untuk menekan mobilitas warga belum efektif, terkhusus pada momen libur panjang.

"Konsistensi penerapan kebijakan di lapangan harus dilakukan untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Larangan aktivitas mudik harus adil dan konsisten," ucap Puan.

Sponsored

Politikus PDI Perjuangan itu, menilai, tidak mudah untuk mengatasi penyebaran Covid-19 sekaligus menjaga geliat perekonomian. Pelarangan mudik bisa mencegah penyebaran Covid-19, namun mengurangi putaran perekonomian dari pusat ke daerah.

Terlepas dari itu, Puan meminta pemerintah untuk masifkan sosialisasi larangan mudik agar masyarakat mau berkorban untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Mari kita mawas diri, bersabar menahan kerinduan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, demi kebaikan kita bersama," ungkap Puan.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya