sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah perpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 8 Februari

Perpanjangan PPKM juga dilandasi dari hasil evaluasi tahap pertama yang dianggap belum menekan laju penularan Covid-19. 

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 21 Jan 2021 13:52 WIB
Pemerintah perpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 8 Februari
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Bali hingga 8 Februari 2021.

"Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari 26 Januari sampai 8 Februari," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers dari Istana Presiden, Jakarta, Kamis (26/1).

Perpanjangan PPKM juga dilandasi dari hasil evaluasi tahap pertama yang dianggap belum menekan laju penularan Covid-19. 

"Dan hasil monitoring menunjukkan, beberapa daerah secara nasional ada 29 kabupaten/kota masih berisiko tinggi dari 73 kabupaten/kota. Kemudian 41 kabupaten/kota risiko sedang, dan tiga kabupaten/kota risiko tinggi," tutur Airlangga.

Untuk aturan hukumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bakal mengeluarkan instruksi kepada pimpinan daerah.

"Diharapkan masing-masing gubernur bisa mengevaluasi daripada parameter tingkat kesembuhan di bawah nasional, kematian dibatas nasional, positivity rate di atas nasional, bed occupancy rate di atas nasional," tandas Airlangga.

Diketahui, PPKM tahap pertama diberlakukan di sejumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali. Adapun rinciannya, seluruh kota di DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Untuk di Banten, PPKM diterapkan di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan. Kemudian Jawa Barat, diterapkan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi.

Sponsored

Sementara di Jawa Tengah, PPKM diterapkan di Semarang Raya, Solo Raya, dan Banyumas Raya. Sedangkan di DIY, diterapkan di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Slemen, Kulon Progo

Selanjutnya di Jawa Timur, PPKM diterapkan di Kota Malang Raya, dan Surabaya Raya. Sedangkan di Bali, PPKM dilakukan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Berita Lainnya