sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah tetapkan tanggap darurat gempa Lombok 3 pekan

Setelah masa tanggap darurat, pemerintah akan melakukan proses rehabilitasi.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 06 Agst 2018 17:35 WIB
Pemerintah tetapkan tanggap darurat gempa Lombok 3 pekan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Pemerintah menetapkan masa tanggap darurat gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), berlangsung selama tiga pekan. Pemerintah pun berjanji segera melakukan rehabilitasi di daerah yang terkena gempa berkekuatan 7,0 skala richter. 

"Pemerintah berjanji segera merehabilitasi semua itu, tapi terlebih dulu ada tanggap darurat selama dua hingga tiga minggu, dan kita semua, BNPB sudah terjun, TNI juga," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai menghadiri Rapat Pleno Dewan Pertimbangan MUI di Jakarta, Senin (6/8).

Masa tanggap darurat yang disampaikan JK, jauh lebih lama ketimbang yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Saat melakukan konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/8), Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan masa tanggap darurat berlaku hingga 11 Agustus mendatang.

Menurut JK, masa tanggap darurat ini terbilang penting. Sebab dari informasi yang diterimanya dari Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, sekitar 70% bangunan di Lombok Utara dalam keadaan rusak karena diguncang gempa.

JK pun menyampaikan bela sungkawa pada para korban atas gempa yang mengguncang NTB pada Minggu (5/8). Dia pun mendoakan agar para korban meninggal dapat diterima di sisi tuhan.

JK yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), mengatakan PMI telah turun langsung melakukan evakuasi korban. Anggota PMI juga telah mendirikan tenda-tenda kesehatan untuk membantu para korban. 

Berdasarkan hasil perbincangan JK dengan TGB, kebutuhan mendasar masyarakat di sana adalah air. "Jadi, kami kirim tangki air ke sana," kata JK. 

Selain itu, kebutuhan pokok juga dikirim melalui paket-paket pertolongan ke daerah yang berjuluk Pulau Seribu Masjid itu. 

Sponsored

JK memperkirakan, Presiden Joko Widodo akan melakukan peninjauan ke daerah yang terkena bencana saat tahap rehabilitasi.

Berita Lainnya