sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov DKI gelar tiga festival di akhir pekan

Selain menghibur warga Jakarta, acara ini diharapkan menjadi penggerak ekonomi Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) di ibu kota.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 15 Nov 2019 19:26 WIB
Pemprov DKI gelar tiga festival di akhir pekan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 128776
Dirawat 39082
Meninggal 5824
Sembuh 83710

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar tiga festival pada akhir pekan ini. Ketiga kegiatan itu adalah, Festival Pesona Lokal yang dilaksanakan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Festival Kreatif Jakarta di kawasan Rasuna Epicentrum, dan panggung pesona seni budaya Betawi untuk Indonesia di halaman Balai Kota DKI, Jakarta.

"Akan ada beberapa festival untuk menghibur warga Jakarta," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (15/11).

Selain menghibur warga Jakarta, acara ini diharapkan menjadi penggerak ekonomi usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) di ibu kota.

"Kita ingin UMKM yang tergabung dalam festival ini bisa lebih bergairah lagi. Ada getaran ekonomi di sana, sehingga ada kebaikan buat UMKM," ujarnya.

Festival Pesona Lokal dan Festival Kreatif Jakarta digelar pada Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11). Untuk Sabtu, acara mulai dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB-20.00 WIB. Sedangkan, pada Minggu hanya sampai pukul 11.00 WIB.

Sementara, untuk pesona seni budaya Betawi diselenggarakan pada Jumat (15/11) pada pukul 18.00 WIB-21.00 WIB. 

Saefullah mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan swasta yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekononi Kreatif Republik Indonesia. 

"Acara ini diikuti oleh 5.000 perserta. Merupakan wujud mempromosikan budaya Betawi serta potensi dan kearifan lokal Pemprov DKI. Jakarta sebagai ibu kota, juga Jakarta menjadi tempat berbagai budaya di Indonesia," kata dia.

Sponsored

Acara festival ini akan dilaksanakan di tujuh kota besar Indonesia, yang dilakukan mulai dari Agustus sampai November di antaranya Denpasar, Surabaya, Bandung, Makasar serta Yogyakarta. 

Berbagai aktifitas akan diikuti ribuan peserta, pelajar, masyarakat umum. Kegiatan ini juga diikuti parade budaya, lomba tari kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer pada media kertas.

"Kemudian kompetisi ala selebgram lokal, festival kuliner dan foodtruk. Permainan lokal, bazar lokal dan tidak lupa kegiatan ini dimeriahkan artis ibukota seperti Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Indonesia Idol, dan juga ada kegiatan efek rumah kaca," katanya.

Berita Lainnya