sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov DKI Jakarta gelar uji coba PTM mulai besok

Sebanyak 85 satuan pendidikan penuhi kriteria ikuti uji coba PTM secara terbatas.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 06 Apr 2021 16:41 WIB
Pemprov DKI Jakarta gelar uji coba PTM mulai besok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan uji coba pembukaan sekolah secara terbatas dengan sistem pembelajaran campuran mulai besok, Rabu (7/4). Untuk mengukur kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) pada bulan Juli 2021, Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta membuka kanal siapbelajar.jakarta.go.id untuk asesmen mandiri guna mengukur kesiapan sarana protokol kesehatan dan pelaksanaan PTM.

Setiap butir penilaian akan merujuk pada kriteria dalam standar kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan pedoman yang dikeluarkan oleh UNESCO dan OECD. Pemprov DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dinas Kesehatan setempat, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga organisasi profesi psikologi klinis untuk memastikan standar asesmen tersebut.

“Pemprov DKI Jakarta sangat berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil kebijakan terkait pelaksanaan satuan pendidikan di semester genap tahun pelajaran 2020/2021,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4).

Hasil asesmen dapat menjadi dasar untuk menentukan satuan pendidikan untuk kandidat uji coba PTM secara terbatas. Di tahap awal, sebanyak 100 satuan pendidikan dari jenjang dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PKBM/LKP) yang memenuhi kriteria akan mengikuti pelatihan PTM secara terbatas selama dua minggu. Berdasarkan hasil pelatihan, sebanyak 85 satuan pendidikan yang memenuhi kriteria akan mengikuti uji coba secara terbatas.

Pada tahap berikutnya, pendidik dan tenaga kependidikan dari satuan pendidikan peserta uji coba PTM terbatas dilakukan vaksinasi Covid-19. Dalam uji coba PTM secara terbatas ini, orang tua murid tetap memiliki hak penuh menentukan apakah anaknya diberikan izin untuk ikut atau memilih belajar di rumah.

Sementara itu, bagi satuan pendidikan yang tidak lolos seleksi asesmen mandiri dan belum menjadi peserta uji coba terbatas tetap akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Uji coba PTM secara terbatas tersebut dilaksanakan pada 7-29 April. Uji coba PTM secara terbatas juga dipantau dan evaluasi oleh pengawas sekolah, suku dinas kesehatan, hingga satgas penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan/kecamatan.

Uji coba pembukaan sekolah secara terbatas dilakukan satu hari dalam seminggu untuk satu jenjang kelas. Jumlah peserta didik terbatas maksimal 50% dari daya tampung per kelas dan pengaturan jarak 1,5 meter antar siswa. Durasi belajar hanya 3-4 jam dalam sehari dengan materi pembelajaran yang esensial saja.

Jika ditemukan kasus positif Covid-19, maka satuan pendidikan ditutup selama 3x24 jam untuk disinfektasi dan dilakukan tracing. Kemudian, akan dibuka kembali setelah otoritas berwenang menyatakan sekolah telah aman dari paparan Covid-19.

Sponsored
Berita Lainnya