sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Jabar akan gelar kembali Buka Bersama on the Street

Kegiatan sempat ditiadakan pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Minggu, 18 Apr 2021 06:26 WIB
Pemprov Jabar akan gelar kembali Buka Bersama <i>on the Street</i>

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) segera menggelar Buka Bersama on the Street (Bubos), yang kini berganti nama menjadi Buka Bersama on the Screen, kembali. Kegiatan akan dilaksanakan serentak di 27 kabupaten/kota pada Sabtu (24/4).

"Alhamdulillah, semua daerah di Jabar sudah ikut serta secara langsung. Semuanya pun sangat antusias," ucap Ketua TP PKK Jabar, Atalia Praratya Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung.

Pemprov Jabar sempat meniadakan Bubos pada 2020 lantaran pandemi Covid-19. Mengingat kini masih dalam suasana sama, kegiatan dilakukan dengan konsep berbeda. 

Sekarang, acara dilaksanakan secara daring dan luring melibatkan 100.000 orang yang berasal dari 1.000 perangkat daerah, Jabar Bergerak, dan pramuka. Pun menggandeng 27.000 pegiat Rantang Cinta, 50.000 pegiat Rantang Siswa, serta berbagai komunitas lain.

Bubos 2021 mengambil tema "Raih Cinta Allah dengan Cinta Sesama". Lokasi utama kegiatan berada di Gedung Pakuan, Kota Bandung, sedangkan di kabupaten/kota berpusat di pendopo bupati atau balai kota. 

Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum direncanakan melakukan telekonferensi dengan partisipan di 27 daerah. Panitia pun mengundang kepala daerah lainnya.

"Harapannya, di tahun berikutnya bisa dilakukan secara virtual di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan bisa melibatkan Pak Presiden juga," ucap Atalia. 

Ditargetkan sebanyak 127.000 orang menerima makanan dan minuman berbuka. Sasaran terdiri dari 77.000 duafa, 50.000 anak yatim dan lansia, serta yang membutuhkan. 

Sponsored

"Ini momen kebersamaan bagi OPD (organisasi perangkat daerah). Jika di Jabar ada lebih 1.000 OPD, maka akan ada 1.000 rumah singgah yatim dan rumah jompo yang diberikan santunan dalam bentuk makanan," paparnya.

Melansir situs web Pemprov Jabar, kegiatan bakal menampilkan penyanyi Rossa dan para dai cilik. Pun diadakan Kontes Juara Anak Saleh (Koas) meliputi lomba tahfiz Al-Qur'an, Azan, dan dai cilik.

Berita Lainnya