sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengamat: Orang asli Papua terus jadi korban KKB

Gerakan KKB dinilai sesuai definisi terorisme dalam UU Nomor 5 Tahun 2018.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Minggu, 13 Jun 2021 20:44 WIB
Pengamat: Orang asli Papua terus jadi korban KKB

Pengamat intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta menyayangkan orang asli Papua (OAP) terus menjadi korban kekejaman teroris Operasi Papua Merdeka (OPM). Menurut Stanislaus, fakta tersebut menunjukkan bahwa OPM atau kelompok kriminal bersenjata (KKB) semakin biadab dan menggunakan kekerasan untuk meraih tujuan.

"Cara-cara dan gerakan mereka sudah sesuai dengan definisi terorisme dalam UU No 5 Tahun 2018. Aksi ini juga dapat dinilai bahwa mereka semakin tertekan sehingga meningkatkan intensitas aksinya," kata Stanislaus kepada wartawan, Minggu (13/6).

Stanislaus berharap kerjasama antara aparat keamanan dengan masyarakat perlu dikuatkan. "Aparat keamanan harus hadir untuk melindungi masyarakat, dan masyarakat harus percaya penuh kepada aparat keamanan," katanya.

Belum lama ini, aksi KKB menewaskan tiga orang OAP atau pada Jumat (4/6). Salah satu di antaranya adalah Patianus Kogoya, seorang kepala kampung di  Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Patianus mengalami luka tembakan pada kepala bagian belakang.

Hal ini terungkap saat Kepala Kampung Kago, Denis Wonda bersama sembilan OAP lainnya melaporkan adanya kejadian penembakan terhadap enam OAP ke Polres Puncak. Tiga OAP dinyatakan meninggal dunia dan sisanya mengalami luka-luka.

Di saat bersamaan, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait sejumlah bangunan di Bandara Aminggaru, Ilaga, yang dibakar teroris OPM, Kamis (3/6). Kapolres berkoordinasi dengan pihak TNI untuk mengevakuasi para korban.

Sebelum penembakan kepala kampung Patianus Kogoya, kisah tragis juga dialami pelajar asli Papua bernama Ali Mom. Ali Mom ditembak kelompok Lekagak Telenggen.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengakui membunuh dan membantai sadis pelajar SMA itu. Korban dianggap sebagai provokator dan anggota intelijen atau mata-mata.

Sponsored

Kelompok teroris OPM ini juga menembak mati OAP bernama Boni Bagau pada akhir Januar 2021. Boni merupakan warga sipil di Kabupaten Intan Jaya, Papua ditembak OPM pimpinan Undius Kogoya.

Berita Lainnya