sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengiriman bantuan ke daerah terisolir tempuh jalur udara

Bantuan logistik berupa makanan dan minuman ini dikirim sesuai kapasitas helikopter.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Sabtu, 04 Jan 2020 15:37 WIB
Pengiriman bantuan ke daerah terisolir tempuh jalur udara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Bantuan logistik kepada korban banjir bandang dan longsor ke daerah yang terisolir menggunakan helikopter. Salah satunya dilakukan ke Kampung Muara, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Banten. Jalur ke daerah tersebut terputus akibat banjir bandang dan longsor pada Rabu (1/1).

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan, penyaluran bantuan logistik terganjal jembatan yang putus di sekitar 13 titik longsor menuju lokasi tersebut.  Padahal tim evakuasi dan bantuan sudah mencapai lokasi dengan menempuh selama tiga jam ke posko pengungsian dan daerah terdampak.

"TNI, Polri dibantu oleh Polairud mencoba menerbangkan sembako ke sana. Di sana tidak ada titik darat jadi hanya mengapung," kata Kapolda Banten di Serang Banten, Sabtu (4/1). 

Sementara Pemerintah Kabupaten Bogor mengandalkan Pangkalan Udara Atang Sendjaja (Ats) untuk memasok logistik lewat udara ke wilayah terdampak bencana di Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang terisolasi akibat akses darat terputus.

"Alhamdulillah ada bantuan helikopter dari Ats, yang penting bagaimana kita gerak cepat dalam mendistribusikan bantuan makanan pokok, obat-obatan dan alat kesehatan," ujar Bupati Bogor Ade Yasin, Sabtu.

Dari laporan di lapangan, kata dia, bantuan sudah sampai ke titik yang terisolasi.

​​Bantuan logistik berupa makanan dan minuman ini dikirim sesuai kapasitas helikopter, yakni seberat 1,5 ton. Pengiriman logistik lewat udara ini terus dilakukan sampai akses yang tertutup longsoran bisa diatasi dengan pengerahan alat-alat berat.

"Sedang dilakukan supaya akses terbuka dulu. Kalau sudah dibuka, darat bisa lewat, ya lewat darat. Lihat hari ini sampai sore aja alat berat masih jalan," kata Ade Yasin.

Sponsored

Penanganan bencana Kabupaten Bogor difokuskan ke wilayah barat (Kabupaten Bogor) yang terdampak parah, setelah penanganan di wilayah timur Kabupaten Bogor, meski tidak mengakibatkan kerusakan parah, tetapi memiliki radius wilayah terdampak yang terbilang luas.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Sabtu pagi, sebanyak 11 warga tewas akibat bencana banjir dan longsor yang menerjang wilayah Kabupaten Bogor. Sedangkan, tiga orang dilaporkan hilang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan menyebutkan BPBD Kabupaten Bogor menerima laporan kejadian bencana di 56 titik sejak Rabu (1/1). (Ant)

Berita Lainnya