logo alinea.id logo alinea.id

Penyelidikan listrik padam mengerucut ke Jakarta dan Pemalang

Mabes Polri akan mengumumkan hasil investigasi yang sudah berlangsung selama sepekan pada Jumat (16/9).

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 15 Agst 2019 18:01 WIB
Penyelidikan listrik padam mengerucut ke Jakarta dan Pemalang

Tim Bareskrim Mabes Polri masih terus mendalami kasus listrik padam atau blackout yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019. Setelah sepekan menggelar pemeriksaan di sejumlah pembangkit listrik di sepanjang Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat dan Jabodetabek, penyelidikan polisi mengerucut ke dua lokasi, yakni Jakarta dan Pemalang.

“Ada dua titik yang masih perlu didalami, yakni ada di Pemalang dan Jakarta,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta pada Kamis (15/8).

Dedi mengatakan, pihaknya bakal membeberkan hasil investigasi Tim Bareskrim Polri selama sepakan terakhir terkait kasus padamnya listrik. Rencananya, hasil invetigasi disampaikan pada esok atau Jumat (16/8). 

Dedi menuturkan, tim Bareskrim Polri tidak ingin terburu-buru dalam investigasi itu. "Kita tidak boleh terburu-buru karena hasilnya harus komprehensif dan sesuai fakta di lapangan," ucap Dedi.

Masa kerja tim Bareskrim Polri hanya dua pekan. Dugaan awal, blackout terjadi karena ada sebuah pohon yang menyumbat aliran listrik di jaringan Sutet di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kabareskrim Polri, Komjen Pol Idham Azis, menyebut insiden blackout pada 4 Agustus 2019 lalu berhubungan dengan kejahatan siber. Dia mencontohkan kasus blackout seperti terjadi di kota-kota besar negara lain seperti di Caracas, New York dan London, Inggris. Dia menduga kejadian tersebut juga terjadi di Tanah Air.

"Mungkin blackout tanggal 4 Agustus kemarin saya bilang sama beliau (Direktur Tindak Pidana Siber) dan jajaran tolong dilidik apakah ini hanya blackout biasa di Jakarta atau ada hubungannya dengan kejahatan siber," ujar Idham Aziz.

Sebelumnya, listrik di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten padam pada Minggu, Agustus 2019 sejak pukul 11.48 WIB hingga malam hari. Setelah sempat normal kembali pada Minggu malam, listrik kembali mengalami pemadaman pada Senin, 5 Agustus 2019 di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Sponsored