sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perabot rumah tangga dominasi 33 ton sampah banjir Jakarta

Petugas menarget seluruh sampah dapat diangkut pada sore nanti.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Minggu, 01 Mar 2020 11:15 WIB
Perabot rumah tangga dominasi 33 ton sampah banjir Jakarta
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta pekan lalu menyisakan puluhan ton sampah yang terbawa arus air. Di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, petugas gabungan menemukan sampah didominasi perabotan rumah tangga. 

"Jumlah sampah yang diangkut hingga Sabtu (29/2) mencapai 33 ton," kata Camat Kramat Jati, Eka Darmawan, di Jakarta, Minggu (1/3).

Menurutnya, sampah-sampah tersebut didominasi oleh perabot rumah tangga. Petugas sudah mulai menangani sampah-sampah tersebut sehari setelah banjir melanda, yaitu Rabu (26/2). Meski demikian, sampah masih menumpuk di lokasi banjir.

Eka berharap sampah sudah dapat diangkut seluruhnya sore nanti. Hari ini petugas akan mengangkut sampah-sampah tersebut dari Jalan Dato Tonggara RW 1 dan Jalan Irigasi RW 11. 

Dia mengatakan, hari ini terdapat 50 orang petugas gabungan yang diturunkan untuk menangani sampah di kawasan tersebut. Mereka berasal dari unsur Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dan Sudin Lingkungan Hidup. 

"PPSU 30 orang dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur 20 orang," katanya.

Sampah yang dikumpulkan petugas kemudian diangkut dengan empat unit dump truck, yang terdiri atas dua unit dump truk besar dan dua unit dump truk kecil.

"Mudah-mudahan sore nanti tuntas, supaya sampahnya kita angkut ke Bantar Gebang," kata Eka.

Sponsored

Banjir yang melanda sejumlah wilayah Ibu Kota disebabkan hujan yang turun dengan intensitas tinggi. Hingga Minggu malam, hujan masih turun meski pun dalam intensitas rendah.

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air Jakarta hingga pukul 09.00 WIB, tinggi muka air di sejumlah pintu air masih berada pada level normal. Level tertinggi, yakni siaga dua, berada di Pintu Air Angke Hulu pada ketinggian 26 cm. 

Di Pintu Air Manggarai, ketinggian air mencapai 800 cm. Pintu Air Pasar Ikan 222 cm, Karet 460 cm atau siaga tiga. Adapun sejumlah pintu air lainnya berada pada level siaga empat. (Ant)

Berita Lainnya