sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Revisi Perda Covid-19, DPRD DKI: Harus ada alasan kuat masukan sanksi pidana

Ketua Bapemperda DKI, Pantas meminta, Gubernur Anies sertakan alasan dan kajian terkait beberapa penambahan pasal.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Selasa, 20 Jul 2021 17:50 WIB
Revisi Perda Covid-19, DPRD DKI: Harus ada alasan kuat masukan sanksi pidana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengendalian Covid-19. Rencananya akan ada penambahan pasal yang memungkinkan pelanggar aturan perda dapat dijerat sanksi pidana.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI, Pantas Nainggolan, meminta, Gubernur DKI Anies Baswedan menyertakan alasan dan kajian terkait beberapa penambahan pasal.

Menurut dia, memasukan pidana ini harus dibahas secara detail dengan para ahli hukum. "Eksekutif harus benar-benar mempertimbangkan ini semua. Inisiatif harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Usulan ini juga harus sudah ditinjau dari berbagai aspek termasuk penerapannya," kata Pantas di Jakarta, Selasa (20/7).

Politikus senior PDIP itu menerangkan, alasan revisi karena  karena keadaan mendesak, proses perubahan perda juga akan dikebut dan dipersingkat. Jadi, payung hukum ini bisa segera diterapkan.

"Kedaruratan ini direspon DPRD dengan mempercepat proses. Jadi tidak lagi ada pendapat umum dan jawaban Gubernur DKI. Langsung Paripurna Penyampaian gubernur dan langsung dilakukan pembahasan oleh Bapemperda DPRD DKI," bebernya.

Sebelumnya, Pemprov DKI mengajukan revisi Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengendalian Covid-19 ke DPRD DKI. Rencana revisi ini untuk menambahkan pasal yang memungkinkan pelanggar aturan dapat dikenakan sanksi pidana.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya sudah membicarakan masalah ini dengan DPRD DKI.

"Kami Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI merumuskan revisi Perda Pengendalian Covid agar dimasukkan pasal terkait hukuman pidana bagi siapa saja yang melanggar," kata Riza di Jakarta, Kamis (15/7).

Sponsored
Berita Lainnya

BenQ resmi luncurkan MOBIUZ EX3415R

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

35% Masyarakat Indonesia Telah Divaksin Covid-19

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB