sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Persoalan yang sebabkan pelantikan kepala BNPB ditunda

Pelantikan kepala BNPB sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Rabu (2/1).

Soraya Novika
Soraya Novika Rabu, 02 Jan 2019 18:55 WIB
Persoalan yang sebabkan pelantikan kepala BNPB ditunda
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 116871
Dirawat 37530
Meninggal 5452
Sembuh 73889

Pelantikan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) oleh Presiden Joko Widodo mengalami penundaan. Awalnya, pelantikan direncanakan berlangsung di Istana Negara pada Rabu (2/1).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, penundaan pelantikan hanya disebabkan adanya kendala administrasi. 

"Karena jabatan kepala BNPB itu sendiri setingkat dengan menteri, sehingga ada beberapa persoalan administrasi yang harus diselesaikan terlebih dahulu," ujar Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (2/1).

Adapun kepala BNPB baru yang hendak ditunjuk Presiden Jokowi, adalah Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen Doni Monardo. Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini akan menggantikan Willem Rampangilei.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya memerintahkan Kepala BNPB Willem Rampangilei ke Sukabumi. Perintah tersebut, agar Willem menangani secara langsung bencana longsor yang terjadi di Cisolok, Sukabumi.

"Tadi pagi-pagi saya perintahkan ke Sukabumi dulu," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pengungsian para penyintas bencana Tsunami Selat Sunda di Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (2/1).

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi, mengabarkan lewat pesan tertulis kepada awak media bahwa penunjukan Doni sebagai Kepala BNPB, dijadwalkan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/1), sekitar pukul 09.00 WIB. 

Namun tak selang berapa lama, Biro Protokol Sekretaris Negara meralat informasi tersebut. Disebutkan, pelantikan diundur untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sponsored
Berita Lainnya