sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kejagung: Transfer uang Pinangki ke anak eks Dirjen Imigrasi tak besar

Uang yang ditransfer dari tersangka Jaksa Pinangki ke Grace sepertinya bukan dari uang pemberian tersangka Djoko Tjandra.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 09 Sep 2020 20:27 WIB
Kejagung: Transfer uang Pinangki ke anak eks Dirjen Imigrasi tak besar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 252923
Dirawat 58788
Meninggal 9837
Sembuh 184298

Kejaksaan Agung (Kejagung) menjelaskan bahwa nilai uang yang diterima Grace Veronica Sompie, anak mantan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Rony F Sompie dari tersangka jaksa Pinangki Sirna Malasari jumlahnya tidak besar. Namun demikian, Kejagung tidak memerinci nilai uang yang ditransfer tersebut.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menyatakan, setelah melakukan pemeriksaan, uang tersebut diduga bukan dari pemberian tersangka pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra.

"Pemeriksaan mendalami adanya transfer dari P (Pinangki) ke Grace. Angkanya tidak besar dan diduga bukan dari uang itu (pemberian Djoko Tjandra)," ujar Febrie di Gedung Bundar, Jakarta Selatan, Rabu (9/9).

Menurut Febrie, pemeriksaan Grace tidak ada kaitan dengan posisi ayahnya yang sempat menduduki jabatan petinggi imigrasi. Pemeriksaan Grace dipastikan tidak ada kaitan dengan salah satu pejabat imigrasi yang diperiksa bersamaan dengannya.

Sponsored

"Kalau imigrasi itu terkait perlintasan P. Tidak ada kaitannya dengan dia (Grace)," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono menyatakan, pemeriksaan Grace sebagai saksi guna mendalami adanya transaksi jual beli daring antara Grace dengan tersangka Jaksa Pinangki. Penyidik pun masih mendalami apakah Grace dan tersangka Jaksa Pinangki memiliki kedekatan secara personal.

Pemeriksaan Grace dilakukan kemarin (8/9). Ia diperiksa pertama kalinya atas kapasitas sebagai saksi.

Berita Lainnya
×
img