logo alinea.id logo alinea.id

Polda DIY kirim ratusan personel amankan pelantikan presiden

Sebanyak empat SSK personel Polda DIY telah diberangkatkan ke Jakarta.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 10 Okt 2019 10:41 WIB
Polda DIY kirim ratusan personel amankan pelantikan presiden

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengirim ratusan personel ke Jakarta, untuk membantu pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019. 

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, ada empat satuan setingkat kompi (SSK) yang dikirim ke Ibu Kota. Setiap SSK terdiri dari sekitar 100 personel. Mereka telah diberangkatkan ke Jakarta pada pekan lalu.

"Sudah kita kirim kira-kira pekan lalu ke Jakarta. Ada sekitar empat SSK yang dikirim dari Polda DIY ke Jakarta," kata Dofiri di Polda DIY, Yogyakarta, Kamis (10/10).

Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto menjelaskan, meski pelantikan presiden dilakukan di Jakarta, pihaknya tetap melakukan pengamanan di sejumlah objek vital di Yogyakarta. Belasan ribu personel telah disiapkan untuk menjalankan tugas ini. 

“Ada 12.000 personel yang disiagakan untuk menjamin keamanan saat pelantikan presiden nanti,” ujarnya.

Menurut Yulianto, personel itu akan menjaga seluruh objek vital yang ada di wilayah DIY. Mereka akan menjalankan tugasnya hingga 21 Oktober 2019.

"Kalau berkaitan dengan pengamanan untuk pelantikan presiden, objek vital, misal Gedung Agung, Kantor DPRD, Kantor KPU, Bawaslu, itu masih jadi pantauan kami. Kami masih melakukan penjagaan. Kami melaksanakan patroli ke lokasi itu," katanya.

Pelantikan presiden dan wakil presiden akan berlangsung pada 20 Oktober 2019 pukul 14.00 WIB. Waktu tersebut dinilai paling ideal untuk pelantikan pasangan terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Sponsored

Waktu pelantikan disepakati dalam rapat pimpinan MPR RI. Sebelumnya, waktu pelantikan dijadwalkan pada 20 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB. MPR sempat mengubah jadwal tersebut menjadi pukul 16.00 WIB di hari yang sama.