logo alinea.id logo alinea.id

Polisi: Interogasi pakai ular didukung masyarakat

Proses interogasi menggunakan ular dilakukan hanya untuk menakut-nakuti pelaku kejahatan.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 11 Feb 2019 17:15 WIB
Polisi: Interogasi pakai ular didukung masyarakat

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swaday mengakui anggotanya menggunakan ular dalam proses interogasi terhadap seorang pencuri. Menurutnya, masyarakat setempat mendukung tindakan tersebut.

"Di sini masyarakat mendukung. Ular jinak, tidak berbisa, tidak menggigit dan setelah diberikan ular, pencuri itu mengakui perbuatannya," kata Ananda dikutip dari Antara, Senin (11/2).

Menurutnya, aksi yang direkam dan videonya disebarkan di media sosial tersebut, dibesar-besarkan di daerah lain. Video berdurasi 1 menit 21 detik itu pun sempat viral di dunia maya.

Ananda mengatakan, proses interogasi menggunakan ular itu dilakukan atas inisiatif anggotanya, untuk mengungkap kasus pencurian yang terjadi. Dalam rekaman video tersebut, memang terdengar seseorang menanyakan berapa kali pencurian handphone yang dilakukan orang yang dikalungi ular.

"Tidak ada pemukulan, hanya sebatas menakuti dan kami akan menindaktegas anggota kami," katanya.

Terpisah, Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Jannus Siregar, menyampaikan permintaan maaf atas ulah oknum anggota polisi tersebut. Pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan, proses interogasi tersebut.

"Setelah beberapa lama yang bersangkutan tidak mengaku, anggota menggunakan ular dengan maksud mengetahui kejujuran yang disampaikan, dan dia akhirnya mengakui perbuatannya," katanya.

Menurutnya, oknum polisi tersebut akan tetap diproses karena dinilai tidak profesional. Meskipun, upaya yang dilakukan berhasil membuat sang pencuri mengakui perbuatannya.

Sponsored

"Anggota melakukan ini semata-mata bukan untuk menyakiti, hanya mencari trik untuk mendapatkan kebenaran terhadap peristiwa yang terjadi, namun langkahnya tidak tepat. Ular yang digunakan tidak berbisa dan tidak mematikan," katanya.

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Hellboy: Film superhero dengan banyak lubang

Sabtu, 20 Apr 2019 19:01 WIB
 Prabowo dan halusinasi kuasa

Prabowo dan halusinasi kuasa

Kamis, 18 Apr 2019 20:53 WIB