logo alinea.id logo alinea.id

Polisi jamin keselamatan Hakim MK yang bertugas

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan telah mengawal para Hakim MK sebelum dimulai sidang.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 14 Jun 2019 09:28 WIB
Polisi jamin keselamatan Hakim MK yang bertugas

Sidang perdana gugatan Pilpres 2019 digelar hari ini Jumat (14/6) di Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang yang dimulai sejak pukul 09:00 dibuka ucapan salam Idulfitri dari hakim konstitusi. 

Pada pembukaan sidang, Ketua Hakim Konstitusi Anwar Usman menegaskan, Hakim MK tidak tunduk dan takut kepada siapapun. Ia juga menegaskan tidak bisa diintervensi dan hanya tunduk pada konstitusi dan Undang-Undang yang sesuai dengan sumpah Hakim MK. 

Hakim Anwar juga menyebut sekalipun para hakim berasal dari tiga lembaga yakni: Presiden, DPR dan Mahkamah Agung (MA) namun hakim bersikap independen. 

Setelahnya, Hakim Anwar mempersilahkan tim penggugat Prabowo-Sandi dan tim terkait yakni: tim Jokowi-Ma'ruf Amin, tim Komisi Pemilihan Umum dan tim Badan Pengawas Pemilu untuk memperkenalkan diri. 

Sponsored

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan memastikan Hakim MK akan mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian. Kombes Pol Harry menjamin keselamatan dan keamanan Hakim MK usai sidang gugatan berakhir. 

"Para Hakim MK sudah dikawal sebelum sidang berlangsung dan semoga aman insya Allah," tukas Kombes Pol Harry kepada Alinea.id pada Jumat (14/6). 

Sembilan hakim MK yang memimpin sidang gugatan Pilpres 2019./Alinea.id

Riset : Fultri Sri Ratu Handayani

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB