sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Politikus Gerindra harap pemilihan cawagub DKI secara terbuka

Pemilihan secara terbuka adalah untuk menghindari money politic atau politik uang.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Selasa, 18 Feb 2020 12:22 WIB
Politikus Gerindra harap pemilihan cawagub DKI secara terbuka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Partai Gerindra Muhammad Taufik berharap pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dapat diselenggarakan secara terbuka. Hal itu karena anggota DPRD bertanggung jawab terhadap konstituen. 

"Kalau saya maunya terbuka. Mau transparan kepada publik, ya mesti terbuka juga kepada publik kalai saya milih A, atau saya milih B. Itu bagian dari bentuk pertanggungjawaban kepada konstituen," kata Taufik saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Pemilihan secara terbuka adalah untuk menghindari money politic atau politik uang. Hal tersebut tidak boleh terjadi karena akan menciderai demokrasi. 

"Kalau tertutup bisa ada money politic. Kalau terbuka enggak bisa," ujarnya. 

Sponsored

Taufik menuturkan dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) lanjutan yang digelar hari ini (18/2), membahas soal keputusan pemilihan cawagub yang digelar secara tertutup ataupun terbuka.

Selain itu, dibahas pula soal uji kelayakan atau tanya jawab cawagub DKI. Nanti seluruh fraksi di DPRD DKI memiliki kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada cawagub DKI seputar permasalahan di Jakarta. Hal tersebut berguna untuk mengetahui kesiapan cawagub termasuk keahliannya dalam mencari solusi permasalahan di ibu kota. 

Diketahui, DPRD DKI Jakarta menargetkan pemilihan cawagub selesai pada Februari 2020. Kedua cawagub, dari Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria dan Fraksi PKS Nurmansjah Lubis telah usai melakukan silaturahmi politik ke berbagai fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Berita Lainnya