sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri: Ada 7 sampai 9 KKB dalam pengejaran

Sampai saat ini TNI-Polri masih terkendala medan persembunyian KKB.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 20 Mei 2021 15:29 WIB
Polri: Ada 7 sampai 9 KKB dalam pengejaran

Polri membeberkan adanya perkembangan jumlah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi target pengejaran oleh Satgas Nemangkawi.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menyebut, terdapat sedikitnya tujuh kelompok dengan pimpinan yang berbeda sudah dipetakan. Kendati demikian, dia tidak merinci masing-masing kelompok itu.

"Ada sekitar tujuh sampai sembilan kelompok yang sudah dipetakan oleh anggota TNI dan Polri dengan masing-masing pimpinan beserta amunisi persenjataannya," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/5).

Dia mengungkapkan, sampai saat ini TNI dan Polri masih terkendala medan persembunyian para KKB tersebut. Namun, Ramadhan memastikan pengejaran dilakukan secara maksimal.

Sponsored

"Memang medan yang luas karena hutan dan bukti masih menjadi tantangan," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Papua mengumumkan adanya enam kelompok teroris Papua yang masuk dalam target operasi pengejaran. Dua di antaranya adalah kelompok yang satu bulan terakhir membuat berbagai aksi kriminal dan teror. Sementara, empat kelompok lainnya berbeda dengan dua kelompok itu karena beberapa anggotanya sudah banyak berikrar setia pada NKRI.

"Kepolisian telah memetakaan dengan sangat baik, dalam hal ini setidaknya ada enam KKB di Papua yang masih aktif beraksi di Bumi Cenderawasih di antaranya  Kelompok Lekagak Telenggen dan Egianus Kogoya," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri dalam keterangan resminya, Senin (3/5).

Berita Lainnya