sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri ambil rekaman CCTV dekat rumah Rizieq Shihab

Pengambilan rekaman CCTV guna melengkapi alat bukti pelanggaran protokol kesehatan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 19 Nov 2020 20:57 WIB
Polri ambil rekaman CCTV dekat rumah Rizieq Shihab
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri telah mengambil rekaman dari sejumlah kamera pengawas (CCTV) di sekitar kediaman Rizieq Shihab, di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan, rekaman dari kamera pengawas diambil pada Sabtu (14/11), bertepatan dengan kegiatan maulid Nabi Muhammad saw dan pernikahan putri Rizieq.

"Itu sebagai alat bukti digital. Jadi, kami ambil rekaman CCTV dari beberapa titik di sekitar lokasi," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (19/11). 

Awi menjelaskan, pengambilan rekaman dari sekitar kediaman Rizieq dalam rangka penyelidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Pasalnya, petugas tidak dapat melakukan pengusutan hanya dengan memeriksa saksi-saksi.

"Intinya, itu menguatkan. Kalau kasat mata, semua orang tahu. Tapi kalau konstruksi hukum, itu harus dilakukan pemeriksaan sebagai barang bukti, sebagai ahli, jejak digital betul terjadi atau tidak terjadi kerumunan pelanggaran protokol kesehatan. (Jadi) tetap kita lakukan pemeriksaan," tuturnya.

Polri sebelumnya menyatakan, akan melakukan penyelidikan atas penyelenggaraan maulid Nabi di Petamburan dan Megamendung, Kabupaten Bogor serta resepsi pernikahan anak Rizieq.

Diduga terjadi pelanggaran protokol kesehatan sesuai ketentuan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dalam acara tersebut.

Penyelidikan dilakukan Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, dan Polda Jawa Barat. Sejumlah pihak dari Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta dan Jabar beserta jajaran terendah di tingkat RT, KUA, Satpol PP, tamu undangan, dan panitia dimintai klarifikasi.

Sponsored
Berita Lainnya
×
img