sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri: Belum ada nama pengganti Kabareskrim

Wanjakti akan segera memilih Kabareskrim pengganti Listyo Sigit.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 22 Jan 2021 15:00 WIB
Polri: Belum ada nama pengganti Kabareskrim
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Polri belum melakukan seleksi atas pengganti Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) setelah ia resmi ditunjuk sebagai Kapolri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan, belum ada nama-nama yang masuk ke dalam daftar calon Kabareskrim. Dia pun tidak menampik kemungkinan terjadinya kekosongan jabatan Kabareskrim untuk sementara waktu.

"Wah itu sampai saat ini belum. Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Pengangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Wanjakti yang akan memproses itu semua," ujar Rusdi saat dihubungi, Jumat (22/1).

Apabila belum ada seorang jenderal yang ditunjuk sebagai pengganti Sigit, maka untuk sementara Bareskrim dipimpin Wakil Kepala Bareskrim. Semua kerja Bareskrim pun dipastikan tetap berjalan dengan baik.

Sponsored

"Kan ada Wakaba. Semua aktivitas sehari-hari tetap berjalan. Tidak ada masalah," katanya.

Sebelumnya, Indonesian Police Watch (IPW) menyatakan ada beberapa nama yang menjadi kandidat kuat menjabat Kabareskrim. Beberapa kandidat disebutkan adalah Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat, Kapolda Jawa Barat Irjen Dhofiri, Kapolda Aceh Wahyu Widada, dan Kapolda Jawa Timur Nico Afinta.

Sebagaimana diketahui, Komjen Listyo Sigit resmi diputuskan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada 1 Februari 2021. Sigit akan resmi menjabat sebagai Kapolri setelah dilantik Presiden Jokowi Widodo. 

Berita Lainnya