sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri berangkatkan 23.439 pemudik gratis

Program mudik gratis Polri 2023 ini untuk memfasilitasi para pemudik khususnya dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Selasa, 18 Apr 2023 12:49 WIB
Polri berangkatkan 23.439 pemudik gratis

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberangkatkan peserta mudik gratis yang diikuti 23.439 orang. Pemberangkatan mudik ini untuk menyambut masa Lebaran 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, target orang dalam mudik gratis ini berjumlah 20.000, namun ia tidak menyangka hasilnya justru melebihi yang diharapkan.

“Kami lihat peminatnya sangt luar biasa,” kata Sigit di Monas, Selasa (18/4).

Sigit menyebut, persiapan keberangkatan dilakukan berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan. Survei itu menunjukan 44,8% peningkatan jumlah pemudik atau 85 juta orang menjadi 123 juta. 

Pada program mudik gratis tahun ini, Polri memfasilitasi pemudik dengan tujuan 14 kota atau di daerah di empat provinsi. Adapun 14 kota tujuannya adalah Kuningan, Banjar, Semarang, Solo, Wonogori, Purwokerto, Purworejo, Jogja, Kudus, Rembang, Surabaya, Probolinggo, Madiun, dan Kediri.

“Tentunya ini menjadi PR kita bersama untuk bisa menyelenggarakan mudik yang betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat ini aman, dan juga nyaman,” ujarnya.

Dari 434 bus yang disediakan, sebanyak 130 bus diberangkatkan pada hari ini dan 304 bus pada Rabu (19/4). 

Sementara itu, Kepala Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan maksud dari program mudik gratis Polri 2023 ini untuk memfasilitasi para pemudik khususnya dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Tentunya agar mereka dapat pulang kampung dengan aman, nyaman, sehat dan selamat sampai tujuan.

Sponsored

"Dengan harapan sedikit banyak mampu berikan konstribusi nyata dalam menujudkan keamanan kenyamanan ketertiban. Selain itu sebagai presentasi kinerja polri presisi yang melindungi mengayomi masyakarat," ucapnya.

Berita Lainnya
×
tekid