sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri klaim kejahatan menurun

Patroli tetap akan dilakukan dalam skala besar untuk menjamin keamanan masyarakat.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 17 Apr 2020 10:56 WIB
Polri klaim kejahatan menurun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat kondusif. Hal tersebut, ditandai dengan penurunan angka kriminalitas selama pandemi Covid-19 ini.

Polisi membeberkan, jumlah kejahatan selama penerapan physical distancing semakin menurun. Namun, penurunan tersebut memang tidak terlalu signifikan. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan, penurunan kejahatan dari minggu ke-14 sampai minggu ke-15 tahun ini hanya 4,32%.

"Berdasarkan data statistik, minggu ke-14 ada 3.567 kasus dan minggu-15 jadi 3.413 kasus," kata Argo dalam keterangan resminya, Jumat (17/4).

Menurut Argo, dalam situasi di mana aktivitas masyarakat mulai berkurang, patroli keamanan ditingkatkan. Polisi akan menjamin, penindakan bagi para pihak yang sengaja memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan.

Sponsored

"Patroli tetap dilakukan dalam sekala besar. Kemudian, kami tetap menjamin kepada masyarakat pelaksanaan physical distancing," ujar Argo.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga mengutarakan adanya penurunan jumlah kriminalitas di Jakarta. Penurunan itu dikarenakan pemberlakuan Work From Home (WFH).

Jumlah penurunan, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus cukup signifikan meski angka pastinya tengah dalam penghitungan. Penurunan itu, berdasarkan jumlah aduan masyarakat ke polisi.

Berita Lainnya