sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri minta demo buruh hari ini tertib

Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar arus kendaraan tidak terganggu saat demo berlangsung.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 02 Nov 2020 08:50 WIB
Polri minta demo buruh hari ini tertib

Sebanyak 32 serikat buruh dan ormas Islam akan melakukan aksi unjuk rasa hari ini. Rencananya, mereka menggelar aksi ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Polri mengimbau kepada seluruh kelompok buruh yang akan mengadakan aksi demo terkait Undang-Undang Cipta Kerja agar berjalan tertib dan damai. Demo tersebut tidak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi di seluruh daerah di Indonesia.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Argo Yuwono menyebut, para peserta aksi demo harus berhati-hati ada pihak yang memprovokasi dan menimbulkan kericuhan. Ia mengimbau agar para peserta demo tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Polri mengimbau kepada seluruh masyarakat baik di Jakarta maupun di daerah yang ingin menyampaikan aspirasi untuk tetap tertib, damai, dan mematuhi aturan hukum yang berlaku," kata Argo dalam keterangannya, Senin (2/11).

Ditambahkan Argo, aksi demo tersebut diharapkan hanya dihadiri perwakilan agar berjalan kondusif. Sedangkan anggota serikat buruh lainnya diminta hanya memantau dari media sosial saja.

"Cukup perwakilan saja tidak usah membawa massa dalam jumlah besar. Hal ini karena pandemi Covid-19 masih berlangsung," ucap Argo.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar arus kendaraan tidak terganggu saat demo berlangsung. Rekayasa lalu lintas itu juga diberlakukan untuk mengatasi demo di Kedubes Perancis oleh Ormas Islam.

"Rekayasa lalu lintas sifatnya situasional," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin (2/11).

Sponsored

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.

2.Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Berita Lainnya