sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri perpanjang pelaksanaan Operasi Ketupat 2020

Alasan perpanjangan guna memastikan, tidak adanya kendaraan nakal yang mencoba menuju kampung halaman.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 26 Mei 2020 14:29 WIB
Polri perpanjang pelaksanaan Operasi Ketupat 2020
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 75699
Dirawat 36455
Meninggal 3607
Sembuh 35638

Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan, ada perpanjangan Operasi Ketupat 2020. Perpanjangan dilakukan selama tujuh hari dari batas akhir yang sebelumnya ditentukan.

"Operasi Ketupat ini akan berakhir sampai 30 Mei, tetapi saya sudah memerintahkan kepada Asisten Ops Kapolri dan Kakorlantas untuk melanjutkan selama tujuh hari lagi," kata Idham dalam konferensi pers secara daring, Selasa (26/5).

Alasan perpanjangan guna memastikan, tidak adanya kendaraan nakal yang mencoba menuju kampung halaman atau masuk ke Jakarta tanpa surat izin.

Selain itu, arus balik juga diperkirakan masih akan terus terjadi. Bahkan, kondisi di lapangan menunjukkan kendaraan yang berusaha ke luar masuk Jakarta masih terbilang ramai.

Sponsored

"Kami melihat kondisi di lapangan dan saya berpikir kalau kondisi di lapangan masih terjadi penumpukan, ada arus balik yang kelihatan besar, tidak apa-apa diperpanjang," tutur Idham.

Menurut Idham, meski ada prediksi arus balik yang besar, namun hasil evaluasi menunjukkan adanya penurunan kepadatan. Baik tol maupun arteri terbilang menurun angka kendaraannya.

"Tol Cipali itu sampai 83% turun arus lalinnya," ucap Idham. 

Berita Lainnya