sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri siap turun tangan dalam kasus Partai Demokrat

Polri turun tangan apabila kisruh Partai Demokrat meluas ke masyarakat.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 08 Mar 2021 15:08 WIB
Polri siap turun tangan dalam kasus Partai Demokrat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Polri mengaku siap turun tangan atas kemelut internal Partai Demokrat. Keterlibatan polisi segera dilakukan apabila kisruh tersebut memengaruhi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono menuturkan, Polri sebagai penegak hukum yang juga bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat memiliki kewajiban untuk terlibat manakala kisruh itu semakin meluas.

"Kalau berpengaruh ke masyarakat, kami siap untuk menertibkan," kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/3).

Ditambahkan Rusdi, saat ini Polri masih sebatas mengawasi dan mengikuti perkembangan. Dia menyebut, belum ada tindakan yang diambil Polri untuk terlibat.

Sponsored

"Polri memantau permasalahan internal di Partai Demokrat," tuturnya.

Untuk diketahui, Partai Demokrat tengah mengalami polemik internal di mana Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku ketua umum partai memecat sejumlah anggota karena dianggap berhianat. Anggota yang dipecat tidak terima dan mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) dengan hasil Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat baru.

AHY akhirnya mendatangi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk melawan KLB di Deli Serdang tersebut. Partai Demokrat versi KLB sendiri juga akan mendatangi Kemenkumham untuk mendaftarkan pemimpin barunya.

Berita Lainnya