sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri tangkap satu anggota KKB, pernikahan jadi awal keterlibatan

Mairon Tabuni menjadi bagian dari KKB sejak menikah dengan Kimi Wenda.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Sabtu, 12 Jun 2021 08:36 WIB
Polri tangkap satu anggota KKB, pernikahan jadi awal keterlibatan

Polres Mimika, Papua, menangkap seorang pria bernama Mairon Tabuni. Dia merupakan salah satu daftar pencarian orang (DPO) atas keterlibatannya dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, Mairon telah ditetapkan DPO atas tindakan kriminalnya pada 2017. Tersangka diketahui menjadi bagian dari KKB Mimika, Joni Botak. 

"Dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan, dia bergbung dengan KKB setelah menikah dengan Kimi Wenda, kerabat Nau Waker anggota KKB," katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (12/6).

Dibeberkan Kamal, aksi pertamanya pada 2017 bersama-sama pasukan lain membakar kios yang ada di belakang Asrama Polsek Tembagapura. Lalu pernah ikut aksi penembakan di Mile 63 bersama Guspi Waker, Tandi, Nau, serta Edinus Obagau, tetapi dia menunggu di hutan dan setelah menembak mereka memberitahu, bahwa sebuah kontainer ditembak.

Sponsored

Selanjutnya, mengikuti aksi penembakan mobil putih (LWB) di Mile 69 tanpa pegang senjata. Kemudian pada 2020, saat kelompok besar datang dari Kampung Baluni Ilaga, Mairon Tabuni Mendulang di Utikini (Kamp Penggeri).

Terakhir, ikut aksi penembakan mobil Brimob warna hitam di Utikini. Saat itu, Mairon Tabuni dan pasukan lain merusak jalan di Utikini agar kendaraan tidak bisa melintas lalu dijadikan sebagai petunjuk jalan bagi kelompok KKB Ilaga yang tidak tahu wilayah Tembagapura.

"Dari tangan tersangka disita barang bukti tas ransel, donpet, dua kupluk, dua telepon genggam, tiga korek gas, KTP, sisir, noken, plastik isi emas hasil mendulang, pisau badik, cermin, kalung, gelang, dan uang senilai Rp155.000," tuturnya.

Berita Lainnya