sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi bakal beri gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh

Enam calon penerima gelar pahlawan telah melewati proses verifikasi.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Jumat, 06 Nov 2020 16:43 WIB
Presiden Jokowi bakal beri gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh nasional bertepatan dengan peringatan hari pahlawan pada Selasa (10/11), di Istana Negara, Jakarta. Enam calon penerima gelar pahlawan telah melewati proses verifikasi dari Kementerian Sosial (Kemensos), Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. 

Proses pemberian gelar pahlawan akan dilakukan setelah upacara tabur bunga laut di perairan teluk Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB. Inspektur upacara tabur bunga laut akan dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional tahun 2020," kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dalam konferensi pers virtual, Jumat (6/11).

Mensos menyatakan, keenam calon penerima gelar pahlawan nasional tersebut, yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Mahcmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat.

Jika dua nama tersebut dianugerahi gelar pahlawan nasional, itu akan menjadi yang pertama bagi Maluku Utara dan Papua Barat karena belum memiliki pahlawan nasional.

Selanjutnya, Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama dari domisili DKI Jakarta. Keempat penerima gelar pahlawan nasional pada 10 November adalah Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara.

"Beliau juga tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan era Presiden Soekarno," ujarnya.

Kelima Sutan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatra Utara. Terakhir, Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi, berasal dari Provinsi Jambi.

Sponsored

Menurut Juliari, pemberian digelar webinar kepahlawanan pada Senin (9/11), dengan peserta dari unsur pelajar, keluarga pahlawan, hingga organisasi kepemudaan di 34 provinsi. 

Kemudian, juga akan ada acara penunjang berupa bakti sosial kepahlawanan pada Selasa (10/11) di kediaman KH. Idham Chalid dan KRMH. Soerjo Wirjohadipoetro.

Diketahui, Presiden Jokowi juga bakal memberikan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional hingga Bintang Mahaputera kepada sejumlah tokoh, pada Selasa (10/11) dan Rabu (11/11) mendatang.

Berita Lainnya