sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi ikut menguburkan jenazah ibundanya

Presiden Jokowi berada di liang lahat saat proses pemakaman ibundanya.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Kamis, 26 Mar 2020 17:44 WIB
Presiden Jokowi ikut menguburkan jenazah ibundanya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menguburkan jenazah ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks pemakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3).

Dalam foto kiriman Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kepada para menteri dan awak media, Presiden mengenakan kemeja putih, celana hitam, kopiah, dan masker tampak berada di liang lahat saat proses pemakaman ibundanya. 

Foto lainnya menunjukkan Presiden Jokowi memasukkan tanah ke liang lahat almarhumah menggunakan cangkul. Sebelum mengantarkan jenazah ibundanya ke tempat peristirahatan terakhir, Presiden dan keluarga melakukan tradisi brobosan.

Dalam tradisi itu, presiden sebagai anak laki-laki tertua bersama anak perempuan, cucu laki-laki dan cucu perempuan, tiga kali berjalan berurutan di bawah peti mati yang angkat oleh petugas. 

Sponsored

Jenazah ibunda Presiden Jokowi disalatkan di Masjid Baturrachman, sekitar 100 meter dari rumah duka, sebelum dimakamkan.
 
Makam keluarga di Mundu merupakan peristirahatan terakhir untuk keluarga Sudjiatmi. Selain ayah Presiden Jokowi, Widjiatno Notomihardjo, jenazah kedua orang tua Sudjiatmi serta beberapa kerabat lain, termasuk adik ipar Jokowi, dimakamkan di permakaman tersebut.

Diketahui, Sujiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada usia 77 tahun di Surakarta pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB, setelah sekitar empat tahun berjuang melawan kanker.

Hadir sejumlah pejabat yang melayat ke rumah duka, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretari Negara Praktikno, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Ant)

Berita Lainnya