logo alinea.id logo alinea.id

Presiden Jokowi pimpin upacara HUT Bhayangkara di Monas 

Polri diharapkan semakin mewujudkan ekspektasi masyarakat dalam segi pelayanan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 10 Jul 2019 09:13 WIB
Presiden Jokowi pimpin upacara HUT Bhayangkara di Monas 

Polri menggelar puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat. Perayaan tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah petinggi negara lainnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur upacara pada HUT Bhayangkara. Dalam upacara tersebut, pihaknya juga mengikutsertakan ribuan anggota kepolisian dan personel TNI.

“Kalau di upacara ini dilibatkan empat ribu personel, tujuh resimen dari TNI dan Polri, kemudian dari komponen masyarakat ikut semua,” kata Dedi di silang Monas, Rabu (10/7).

Dedi mengatakan, rangkaian acara akan diisi dengan parade, peragaan berbagai jenis kemampuan personel, marching band, gendang gabungan, display Polwan, terjun payung, atraksi pesawat terbang, syukuran, dan pemberian penghargaan terhadap anggota Polri, TNI, kepala desa, dan tokoh masyarakat yang telah memberikan kontribusi menjaga keamanan NKRI. 

Dalam puncak acara HUT Bhayangkara ini, Dedi mengatakan, Polri diharapkan semakin mewujudkan ekspektasi masyarakat dalam segi pelayanan. Polri juga akan semakin meningkatkan profesionalitasnya.

“Tentunya Polri harus menjawab ekspektasi masyarakat, Polri semakin profesional, modern, terpercaya,kemudian juga selalu melindungi, melayani masyarakat dan menjunjung tinggi HAM,” tutur Dedi.

Sementara Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan selain Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara, perayaan puncak HUT Bhayangkara dihadiri oleh duta besar dari negara-negara lain dan tokoh agama. 

Iqbal menjelaskan, penyelenggaraan perayaan HUT Bhayangkara ini tertunda dari jadwal semestinya yang biasa digelar pada 1 Juli. Dinamika keamanan selama proses Pemilihan Umum 2019, membuat Polri memutuskan menunda peringatan HUT Bhayangkara 2019.

Sponsored

Pada usia Polri yang ke-73, Iqbal mengatakan, akan menjadi pijakan agar Polri untuk terus lebih baik dan optimal melayani dan mengayomi masyarakat. "Harapan kita semakin di hati masyarakat, kekuatan Polri ada bersama masyarakat," ujar iqbal.

Berdasarkan pantauan Alinea.id terlihat sejumlah petinggi negara seperti Panglima TNI Marsekal TN Hadi Tjahjanto, sejumlah menteri Kabinet Kerja, anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan tokoh nasional lainnya.