sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden lantik KSAU Fadjar Prasetyo dan KSAL Yudo Margono

Pangkat keduanya pun dinaikkan satu tingkat.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 20 Mei 2020 10:17 WIB
Presiden lantik KSAU Fadjar Prasetyo dan KSAL Yudo Margono
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 28818
Dirawat 18205
Meninggal 1721
Sembuh 8892

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Rabu (20/5). Pangkatnya pun dinaikan satu tingkat menjadi Marsekal.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Fadjar mengikuti sumpah yang dibacakan di Istana Negara, beberapa saat lalu.

"Dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," sambungnya.

Pada kesempatan sama, presiden juga melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji.

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 dan 33 TNI 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL dan KSAU. Juga Keppres Nomor 34 dan 35 TNI 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Pelantikan dihadiri undangan terbatas sekitar 20 orang, termasuk Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto; Kapolri, Jenderal Idham Azis; Siwi; Yuyu; Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa; Menko Polhukam, Mahfud MD; Menhan, Prabowo Subianto; Mensesneg, Pratikno; serta pejabat terkait lainnya.

Prosesi pelantikan menggunakan masker. Sedangkan pemberian ucapan oleh Presiden Jokowi dan tamu undangan, dilakukan dari jarak sekitar semeter dengan mengatupkan kedua tangan di dada.

Fadjar sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II). Sementara, Yudo menjadi Pangkogabwilhan I. (Ant)

Sponsored
Berita Lainnya