sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi: Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara

Presiden Jokowi menyatakan, Indonesia punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Senin, 08 Feb 2021 12:57 WIB
Presiden Jokowi: Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat sambutan Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman Tahun 2020 secara virtual, Senin (8/2).

Menurut dia, negara disebutkan hadir apabila mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, cepat, profesional dan berkeadilan.

Mewujudkan pelayanan publik yang prima, kata Preiden Jokowi, memerlukan ikhtiar berkelanjutan, transformasi sistem, tata kelola baik, perubahan mindset, dan budaya kerja birokrasi. "Dari budaya senang dilayani, menjadi budaya melayani," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan, Indonesia punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi. Menurutnya, yang selama ini kaku, terjebak dengan hal yang bersifat prosedural serta administratif, harus menekankan pada kecepatan, inovatif, dan berorientasi hasil.

Demi mencapainya, Presiden menekankan, perlu kerja bersama seluruh elemen masyarakat dan pengawasan Ombudsman, baik berupa input, kritik, dan dukungan agar pelayanan publik semakin berkualitas. 

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan, apresiasi kepada Ombudsman yang terus mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

"Saya menyadari banyak hal yang sudah kita capai, dan juga banyak hal yang perlu kita perbaiki. Saya yakin, Ombudsman Republik Indonesia juga telah menemukan berbagai kekurangan yang perlu kita perbaiki. Catatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang," jelas Jokowi.

"Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik, masukan, ataupun potensi malaadminsitrasi dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan," lanjutnya.

Sponsored

Dalam sambutannya, Jokowi turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota Ombudsman periode 2016-2021 yang telah bertugas. Sekaligus, menyampaikan selamat bertugas kepada pimpinan dan anggota periode 2021-2026.

"Apa yang telah dilakukan Ombudsman selama ini telah membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik di negara kita," tutup Presiden.

Berita Lainnya