sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Program pangan murah bisa dibayar via JakOne Mobile

Aplikasi juga dapat digunakan untuk mengecek saldo dan histori transaksi.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Kamis, 13 Feb 2020 23:35 WIB
Program pangan murah bisa dibayar via JakOne Mobile

Penerima program pangan murah di DKI Jakarta dianjurkan menggunakan aplikasi JakOne Mobile untuk pembayaran. Bahkan, perangkat lunak besutan Bank DKI itu bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

"Melalui JakOne Mobile, penerima subsidi akan dimudahkan dalam pengecekan saldo dan historiĀ transaksi yang dilakukan," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bank DKI, Herry Djufraini, di Jakarta, Kamis (13/2).

Program pangan murah diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta. Buah kerja sama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) dengan badan usaha milik daerah (BUMD) Ibu Kota.

Kegiatan menyasar masyarakat penerima bantuan. Macam Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

Juga para pekerja di lingkup Pemprov Jakarta. Seperti petugas prasarana dan sarana umum (PPSU), dan pegawai harian lepas (PHL) berpendapatan upah minimum provinsi (UMP), guru honorer. "Serta penghuni rusun (rumah susun) milik pemprov," katanya.

Penyaluran pangan murah digelar setiap bulan. Dari Senin hingga Sabtu. Dari pukul 08.00-17.00. Di gerai PD Dharma Jaya, pasar tradisional Perumda Pasar Jaya, JakGrosir, JakMart, dan gerai kewirausahaan terpadu.

Pun kerap digelar di sejumlah rusun dan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA). Sesuai jadwal yang disusun Dinas KPKP Jakarta.

Sejumlah komoditas pangan dijual dengan "harga miring". Di antaranya, daging sapi Rp35.000 per kilogram, daging kerbau Rp30.000 per kilogram, daging ayam Rp8.000 per kilogram, telur ayam Rp10.000 per 15 butir, beras Rp30.000 per lima kilogram, ikan kembung Rp13.000 per kilogram, dan susu ultra high temperature process (UHT) Rp30.000 per karton.

Sponsored

Herry menilai, program ini efektif mengendalikan inflasi. "Serta dapat menjadi program percontohan untuk diterapkan di seluruh Indonesia," ucapnya.

Berita Lainnya