logo alinea.id logo alinea.id

Proyek Stadion Jakarta Rp4,5 T bakal rampung 2021

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) senilai Rp4,5 triliun akan selesai 2021.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Rabu, 21 Agst 2019 17:14 WIB
Proyek Stadion Jakarta Rp4,5 T bakal rampung 2021

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) senilai Rp4,5 triliun akan selesai pada akhir 2021.

Direktur Proyek Jakarta International Stadium Iwan Takwin mengatakan, hingga saat ini proses pembangunan JIS terus berjalan sesuai dengan target dan timeline yang sudah disusun.

"Proses pembangunannya itu 26 bulan, jadi sekitar akhir 2021 harus selesai," kata Iwan saat ditemui di Kedai Sirih Merah, Rabu (21/8).

Iwan mengklaim, stadion yang dibangun akan mirip dengan stadion-stadion ternama di Eropa.  "Kalau dibandingkan Old Trafford atau Real Madrid (Santiago Bernabeu), ini adalah kombinasi dari semua itu. Semua standar FIFA yang ada," ujarnya.

Selain itu, ia mengaku telah berkomunikasi dengan FIFA terkait desain stadion, fasilitas, dan material pembangunan. 

"Pembangunan kita sudah komunikasikan dengan FIFA, bahkan orang utusan dari FIFA sudah datang ke sini (Jakarta) untuk melakukan sosialisasi bagaimana standar-standar mereka," ujarnya. 

Iwan mengatakan, saat ini sudah terpasang 1.400 titik tiang pancang sebagai tahap awal pembangunan. "Pemasangan indicator pile sebanyak 1.400 dari 14.000, jadi baru 10% ya. Semoga selesai sebelum akhir tahun ini," kata dia.

Sementara itu, ia mengaku belum menemukan kendala dalam pembangunan stadion betaraf internasional tersebut. "Kalau tantangan ada, gimana biar cepat selesai sesuai target kalau bisa sebelum," ucapnya.

Sponsored

Ia berharap, fasilitas publik ini dapat dinikmati dan berfungsi sesuai harapan dan sesuai standar internasional. "Jadi bisa menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta dan ikon untuk pembaharu di Indonesia. Karena nanti akan menjadi stadion kapasitas banyak dan desain atap yang bisa buka tutup," ucapnya.

Iwan memastikan bahwa kapasitas stadion tersebut dapat menampung sebanyak 82.000 orang. "Itu daya tampung yang kami desain," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tendangan perdana (kick off) sebagai penanda dimulainya pembangunan JIS pada Kamis (14/3). 

Jakpro akan membangun stadion dengan anggaran senilai Rp4,5 triliun. Pembangunan akan dilakukan pada 2019-2021. Stadion berstandar internasional itu akan berdiri di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan dapat menampung 82.000 penonton.