sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Puluhan anggota JI dan 7 anggota Daulah Islamiyah ditangkap

Densus 88 Antiteror Mabes Polri tangkap 27 anggota Jamaah Islamiyah.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 30 Nov 2020 22:46 WIB
Puluhan anggota JI dan 7 anggota Daulah Islamiyah ditangkap
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap tujuh orang anggota Daulah Islamiyah Gorontalo pada Jumat (27/11).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, penangkapan tujuh orang tersebut membuktikan ketujuhnya selalu terhubung melalui media sosial. Namun, tidak disebutkan inisial tujuh terduga teroris tersebut.

"Jaringan yang kami ungkap ini tergabung dalam grup medsos yang berencana melakukan amaliyah," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/11).

Menurut Awi, tujuh terduga teroris itu telah menyusun empat rencana aksi di sekitar Gorontalo. Aksi yang sudah direncanakan menyasar anggota polisi dan anggota DPRD.

Awi membeberkan, rencana amaliyah pertama di Polsek Marisa dan Polres Pohuwato. Amaliyah kedua menyasar Koramil Desa Tabulo, Kecamatan Tamangu, Kabupaten Lemo.

Lalu, menyasar enam orang anggota baru Polres Pohuwato dan dua orang anggot Densus 88. Terakhir, merencanakan Fa'i perampokan dan perampasan anggota DPRD Gorontalo.

"Ini bentuk kewaspadaan dan kesipan dalam melindungi seluruh lapisan masyarakat dari setiap ancaman terorisme," ucap Awi.

Selain tujuh terduga teroris tersebut, Densus 88 juga telah menangkap 24 anggota Jamaah Islamiah. Puluhan yang ditngkap memiliki peran dalam jaringan teroris itu.

Sponsored

"Penangkapan sejak Oktober hingga November itu membuktikan masih masifnya pergerakan jaringan yang telah diputus hakim merupakan organisasi terlarang," kata Awi.

Berita Lainnya