sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Klaim punya obat penyembuh, Gubernur Viktor optimistis NTT segera bebas Covid-19

Gubernur NTT Viktor Laiskodat telah mengirimkan obat tersebut ke Jakarta untuk digunakan di seluruh Indonesia.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 11 Mei 2020 14:38 WIB
Klaim punya obat penyembuh, Gubernur Viktor optimistis NTT segera bebas Covid-19

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengklaim memiliki obat tradisional setempat yang dapat menyembuhkan Covid-19. Pemprov NTT pun telah berinisiatif mengirimkan ramuan tersebut kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, untuk digunakan di seluruh Indonesia.

"Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo, guna membantu menyembuhkan pasien positif Covid-19," kata Viktor saat melakukan penandatanganan kerja sama pengawasan penggunaan dana Covid-19 dengan Kejaksaan Tinggi serta BPKP NTT di Kupang, Senin (11/5).

Menurutnya, obat tersebut masih dalam proses penelitian agar dapat dikembangkan lebih lanjut. Namun, Viktor meyakinkan obat tersebut mampu menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19.

Politikus NasDem itu mengatakan, saat ini ada 13 pasien positif terinfeksi corona di NTT. Kondisi mereka semakin stabil setelah mengonsumsi ramuan tradisional tersebut. Bahkan Viktor meyakini seluruh warga NTT dapat terbebas dari wabah.

"Kami yakin NTT segera kembali menjadi zona hijau dari paparan virus corona baru atau Covid-19, karena kondisi 13 pasien positif Covid-19 semakin stabil dan akan segera sembuh. Pemerintah NTT akan berupaya secara maksimal mengatasi pandemi Covid-19 sehingga penderitaan ini segera berakhir" kata Viktor menuturkan.

Dia tak merinci berapa jumlah pasien yang sudah berhasil sembuh setelah mengonsumsi obat tersebut. Viktor juga tak menjelaskan bahan atau kandungan obat dari ramuan tradisional tersebut. 

Dia mengatakan, obat tersebut merupakan ramuan tradisional yang sering digunakan warga NTT untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang diderita warga di wilayah tersebut.

"NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk Covid-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien Covid-19," ucapnya.

Sponsored

Viktor juga mengingatkan agar masyarakat NTT terus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona. Warga diminta tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam mencegah penyebaran Covid-19. (Ant)

Berita Lainnya